PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

Ferdianto Djumati(1), Patricia V. J. Runtu(2), Jhon R. Wenas(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika dalam materi sistem persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Eksperimen ini di laksanakan pada 25 orang siswa kelas VIIIA SMP Negeri 6 Tondano, dengan menggunakan rancangan One-Shot Case Study dengan perlakuan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran materi SPLDV. Hasil belajar siswa pada akhir kegiatan pembelajaran di ukur menggunakan tes yang hasilnya dibandingkan dengan KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t=2.204 pada taraf signifikansi 5% adalah lebih dari skor KKM=2.063. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, NHT, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 233 times
PDF Download : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.