PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MATRIKS

Arter Bawala(1), Julius H. Lolombulan(2), Selfie L. Kumesan(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi matriks. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan model One-shot Case Study. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK N 1 Tondano tahun ajaran 2015/2016 semester genap, kelas Jasa Boga dengan siswa 21 orang. Data yang diperoleh adalah hasil posttest siswa kelas eksperimen dengan rata-rata yaitu 79 dan simpangan baku = 9,98. Uji normalitas data terpenuhi di mana data tersebut berdistribusi normal. Hasil analisis data dengan taraf nyata 0,05 diperoleh 5.507 1.725 sehingga menolak dan menerima . Disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada materi matriks yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melebihi kriteria ketuntasan minimal (66,67) yang telah ditentukan oleh sekolah.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TPS, hasil belajar, matriks.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 215 times
PDF Download : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.