PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA

Roland Mokoagouw(1), Jhon R. Wenas(2), Alri Marasut(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran diajarkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi segitiga. Penelitin ini menggunakan Metode Penelitian Eksperimen terhadap siswa VII di SMP Negeri 1 Eris. Sampel yang di ambil adalah kelas VII yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki rata-rata sebesar 82 dengan presentase ketuntasan kelas 26 (87%) siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh dalam peningkatan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segitiga. Dari hal tersebut disarankan bagi guru agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran Matematika, khususnya materi segitiga.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar dan segitiga


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 119 times
PDF Download : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.