PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERACTIVE VIDEO BERBASIS KOMPUTER PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL

Margareta Tatu(1), Jhon R. Wenas(2), Alri Marasut(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian kompetensi kognitif siswa yang diajar dengan menggunakan AVA (Audio Visual Aids). Penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Bitung dimana diambil dari 2 kelas yang homogen yaitu kelas VIII A dengan anggota 29 siswa sebagai Kelas Eksperimen dan VIII B dengan anggota 29 siswa sebagai Kelas Kontrol. Data untuk melihat pencapaian kompetensi pada pokok bahasan (SPLDV) diperoleh melalui Tes Akhir.Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang pembelajarannya menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer adalah 78,79 sedangkan kelas yang pembelajarannya tidak menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer adalah 70,179. Pada analisis inferensial untuk mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi yang menggunakan uji dua rata-rata, menunjukkan nilai . Ini berarti, nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritik sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian kompetensi kognitif siswa pada pokok bahasan (SPLDV) yang diajarkan dengan menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer lebih baik dari pada siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan Multimedia Interactive Video berbasis Komputer.

Kata Kunci: Pembelajaran , Multimedia, Interactive Video, berbasis Komputer


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 127 times
PDF Download : 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.