HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara (1) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika, (2) iklim sekolah dengan prestasi belajar matematika, (3) motivasi belajar dan iklim sekolah dengan prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK Negeri 1 Wori yang berjumlah 10 kelas, sedangkan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak dengan mengambil 5 siswa dari tiap kelas, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan hasil dari pembagian angket motivasi belajar dan iklim sekolah serta dokumentasi prestasi belajar matematika siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa a) terdapat hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai thitung lebih besar dari tTabel=5,99 > 2,01; b) terdapat hubungan iklim sekolah terhadap prestasi belajar matematika dengan nilai thitung=2,53 maka nilai thitung lebih besar dari tTabel; 3) terdapat hubungan motivasi belajar dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa dengannilai Fhitung lebih besar dari FTabel (21,10 > 3,19).Karena hasil penelitian menunjukkan hubungan yang signifikan maka demikian keseluruhan uji hipotesis ini mendukung penelitian.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Iklim Sekolah, Prestasi Belajar.
Article Metrics
Abstract View : 330 timesPDF Download : 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.