PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

George R. Heatubun(1), Robby J. Wenas(2), Vivian E. Regar(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Manado dimana diambil 2 kelas yang homogen yaitu kelas VIII1 dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII7 dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yang menentukan bahwa rata- rata hasil belajar siswa yang ditunjukkan model pembelajaran berbasis masalah pada materi teorema pythagoras adalah 98,566 dan model pembelajaran langsung adalah 84,500, dengan taraf signifikan 0,05. Hasil uji perbedaan dua rata-rata, menunjukkan nilai , yang berarti nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritik sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Berbasis masalah pada materi Teorema Phytagoras di kelas VIII1 lebih tinggi dari pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran langsung pada Teorema Phytagoras di kelas VIII7.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 228 times
PDF Download : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.