PENERAPAN RANCANGAN PEMBELAJARAN KONSEP HUTAN YANG DAPAT MEREDUKSI KECEPATAN ANGIN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY TERHADAP PESERTA DIDIK

Meike Paat(1), Ni Wayan Suriani(2), Rama Manopo(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK Hutan merupakan bagian dari ekosistem yang menyediakn sumber belajar yang luas bagi peserta didik . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta didik dalam penerapan proses pembelajaran   eksplorasi konsep dan proses sains (fisika,kimia dan biologi) melalui fakta dan fenomena yang terjadi dalam lingkungan  tentang  hutan yang dapat mereduksi kecepatan  angin di beberapa hutan sekitar Unima menggunakan metode inquiry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratif yang dilakukan oleh peneliti dan kelompok peserta didik. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan kegiatan eksploratif yang dilakukan kelompok peserta didik pada dua area hutan yang ditentukan. Tingkat pemahaman konsep dan proses sains meningkat pada area hutan kedua. Masing- Masing kelompok peserta didik memiliki tingkat persentase yang berbeda tapi suda termasuk tinggi yakni kelompok 1 mencapai 80,31% kelompok 2 mencapai 76,75% dan kelompok 3 mencapai 75,25%. Hasil persentase yang termasuk tinggi juga dipengaruhi oleh pengajar yang bekerja sebagai mentor dan keaktifan kelompok peserta didik dalam proses pembelajaran eksploratif .

 

Kata kunci : hutan, eksploratif,  kelompok peserta didik, konsep dan proses sains.

References


Anton M. Meoliono, d. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: PT. Gramedia.

Gulo, W. (2000). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Magasida, D. (2017). Penerapan Metode Discovery Inkuiri Pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 3 No. 1. P-ISSN: 2541-4658. E-ISSN: 2528-742., hal. 1-12.

M. Najib Habibie, Sasmito Achmad, Kurniawan Roni. (2011). Study Of Wind Energy Potency In Sulawesi And Maluku. Jurnal Meteorologi Dan Geofisika.Vol. 12 N0. 2. hal 181-187.

Rohmat Imammuddin. (2017). Penerapan Pembelajaran Eksploratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2017, ISBN.978-602-50088-0-1. 53-60.

Sagala G, Mesran M, Sutiksno Dian, Yuhandri, Suginam. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pakaian Adat Asli Indonesia Berbasis Multimedia Dan Web Menerapkan Metode Computer Assisted Instruction (Cai). Jurnal Riset Komputer (Jurikom), Vol. 4 No. 4, ISSN 2407-389X. hal, 12-15.

Subagiya, (2012). IPA Terpadu untuk SMP/MTs. Jakarta: Erlangga


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 55 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.