PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BESED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TONDANO

Retna G. Pasoi(1), Rosiah J. Pulukadang(2), Anekke Pesik(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa setelah pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran PBL pada materi Statistika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tondano, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VII E yang terdiri dari 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakanPosttest. Hasil penelitian mengungkapkan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL memiliki nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78 berarti > 67 nilai KKM dengan persentase kelulusan kelas adalah 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL) pada materi statistika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Problem Based Learning(PBL), Hasil belajar, Statistika


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 262 times
PDF Download : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.