MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI SPLDV (Studi PTK pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Melonguane)

Reivana Laluas(1), Philoteus E. A. Tuerah(2), John R. Wenas(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menigkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division pada Materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Melonguane. Objek dalam penelitian adalah hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Melonguane di Talaud pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Hasil Penelitian ketuntasan siklus I adalah 64% dengan jumlah 1820 dan rata-rata hasil belajar 72,8, karena pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas belum mencapai 75% maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil penelitian ketuntasan yang diperoleh pada siklus II adalah 88% dengan jumlah 2075 dengan nilai rata- rata adalah 83 maka pada siklus II ini hasil belajar siswa yang tuntas sehingga mengalami peningkatan dari siklus yang sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada materi sistem persamaan linear dua variabel mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar Matemetika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 171 times
PDF Download : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.