PENGEMBANGAN LKS POKOK BAHASAN SEGIEMPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK

Meykel M. Makanaung(1), Rosiah J. Pulukadang(2), Treesje A. S. Rembet(3),


(1) 
(2) 
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII belum mencapai KKM sekolah 70 pada materi segiempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Populasi dari penelitian adalah siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 7 Lelapide. Hasil Penelitian menyimpulkan: a) LKS yang dikembangkan dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi. Pengembangan LKS terdiri dari 3 tahap yaitu: Pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Dengan menggunakan model ini, dihasilkan LKS matematika yang valid, praktis dan efektif; b) Pembelajaran matematika menggunakan LKS melalui model kooperatif tipe Talking Stick efektif untuk mengajarkan pokok bahasan segiempat. Hal ini ditunjukkan oleh: Kemampuan guru mengelolah pembelajaran: efektif; aktivitas siswa; efektif; ketuntasan belajar secara klasikal: 81% siswa tuntas: respon siswa positif terhadap pembelajaran.

Kata Kunci: Talking Stick, 4-D, valid, praktis, efektif.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 131 times
PDF Download : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.