Pembelajaran Konsep Sains Tentang Kapasitas Infiltrasi Dengan Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Untuk Mahasiswa

Jovialine A. Rungkat(1), Christophil S. Medellu(2), Angeline Belandina(3),


(1) 
(2) 
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK. Masalah dalam penelitian ialah kurangnya pembelajaran IPA yang mengaitkan konsep sains dengan pengalaman peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah implementasi pembelajaran konsep sains dan  proses sains mengenai kapasitas infiltrasi dilapangan, dan persentase ketercapaian hasil belajar subjek (mahasiswa). Metode penelitian ini adalah penelitian eksploratif dengan subjek penelitian mahasiswa angkatan 2018. Data hasil penelitian menunjukan bahwa  mahasiswa aktif dan antusias mengikuti pembelajaran konsep dan proses sains dilapangan. Hasil persentase capaian belajar menunjukan <75% pada tahap menganalisis fakta/fenomena, serta 75% pada tahap mengeksplorasi konsep dan proses sains. Kesimpulan,implementasi persentase pembelajaran konsep sains dan proses sains mengenai kapasitas infiltrasi berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa.

Kata Kunci: Jelajah Alam Sekitar, Eksploratif, Aktivitas, Hasil Belajar, Infiltrasi.


References


Darma, S. (2008). Pendekatan Jenis Dan Metode Penelitian Pendidikan.

Fathoni, A. (2005). Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Garut: Pt.Rineka Cipta.

Irawan, T. (2016). Infiltrasi Pada Berbagai Tegakan Hutan Di Arboterum Universitas Lampung. Sylva Lestari Vol 4 No 3.

Ismayanti, F. N. (2013). Menumbuhkan Keyakinan Positif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Eksploratif Dalam Pembelajaran Matematika.

Harimi, N. (2018). Pengaruh Tipe Vegetasi Tumbuhan Terhadap Laju Infiltrasi Di K Kawasan Geothermalie Suum Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Matakuliah Ekologi Tumbuhan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 40 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.