Identifikasi Jenis Hewan Dominan di Ekosistem Hutan Sekitar Unima Sebagai Referensi Bahan Pembelajaran Eksploratif

Metilistina Sasinggala(1), Zusje M. Warouw(2), Ayu Sri Rahayu(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) 
Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui jenis hewan dominan di ekosistem hutan sekitar Unima serta mengekspolrasi proses dan konsep sains yang selanjutnya dijadikan sebagai referensi dalam proses pembelajaran eksploratif. Objek penelitian ini adalah hewan dominan yang ada di ekosistem hutan sekitar kampus Unima. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung dan dokumentasi.  Hasil penelitian di lahan bagian depan workshop Unima ditemukan 11 macam hewan yang tergolong dalam 3 kelas yaitu 9 kelas Insecta, 1 macam kelas Aves dan 1 kelas Oligochaete. Di lahan kedua bagian bawah Auditorium Unima ditemukan 8 macam hewan yang tergolong dalam 3 kelas yaitu 6  kelas insecta, 1 kelas Gastropoda dan 1 kelas Oligochaete. Setelah jenis hewan dominan diketahui, selanjutnya dirumuskan konsep dan proses sains berdasarkan fakta dan fenomena mengenai hewan dominan tersebut dalam bentuk matriks yang selanjutnya dijadikan sebagai referensi pembelajaran eksploratif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa jenis hewan yang dominan di kedua lokasi penelitian adalah jenis Insecta.

 

 

Kata Kunci: Identifikasi, Hewan Dominan, Pembelajaran Eksploratif, Ekosistem

Angelina. 2018.Identifikasi Masalah Lingkungan

Danau Tondano Di Area Lour Restoran Dan Perumusan Kerangka Pembelajaran Sains Di Smp.Skripsi, 21.

Fathoni, A. (2005). Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Garut: Pt.Rineka Cipta.

Medellu. C. (2019). BELAJAR TENTANG

LINGKUNGAN Wadah Berinteraksi Demokratis Dan Belajar Berpikir Tingkat Tinggi

Nurnikmat. (2016). Keanekaragaman Serangga Nokturnal Di Kawasan. Skripsi, 8-14.

Rohmat, I. (2017). Penerapan pembelajaran

eksploratif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Seminar Nasional Indonesia, 55.

Ruslan, Hasni. (2009). Komposisi dan Keanekaragaman Serangga Permukaan Tanah  pada habitat Hutan Homogen dan Heterogen Di pusat Pendidikan Konservasi Alam (PPKA) Bodogol. Sukabumi, Jawa Barat. Jurnal Vis Vitalis. 2(1), 43-53.

Wijana, N. 2014. Biologi dan Lingkungan.

Singaraja: Plantaxia.

Yusuf. 2017. dalam Tatang. (2009, Mei

04). Penelitian Eksploratif.

Retrieved  Februari  2019,  from Wordpress.om: https://tatangmanguny.wordpress.om/2009/05/04/penelitian-eksploratorieksploratif/


References


Angelina. 2018. Identifikasi Masalah Lingkungan

Danau Tondano Di Area Lour Restoran Dan Perumusan Kerangka Pembelajaran Sains Di Smp.Skripsi, 21.

Fathoni, A. (2005). Metodologi Penelitian Dan Teknik Penyusunan Skripsi. Garut: Pt.Rineka Cipta.

Medellu. C. (2019). BELAJAR TENTANG

LINGKUNGAN Wadah Berinteraksi Demokratis Dan Belajar Berpikir Tingkat Tinggi

Nurnikmat. (2016). Keanekaragaman Serangga Nokturnal Di Kawasan. Skripsi, 8-14.

Rohmat, I. (2017). Penerapan pembelajaran

eksploratif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa SMP. Seminar Nasional Indonesia, 55.

Ruslan, Hasni. (2009). Komposisi dan Keanekaragaman Serangga Permukaan Tanah pada habitat Hutan Homogen dan Heterogen Di pusat Pendidikan Konservasi Alam (PPKA) Bodogol. Sukabumi, Jawa Barat. Jurnal Vis Vitalis. 2(1), 43-53.

Wijana, N. 2014. Biologi dan Lingkungan.

Singaraja: Plantaxia.

Yusuf. 2017. dalam Tatang. (2009, Mei

. Penelitian Eksploratif.

Retrieved Februari 2019, from Wordpress.om: https://tatangmanguny.wordpress.om/2009/05/04/penelitian-eksploratorieksploratif/


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 646 times
PDF Download : 298 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.