HUBUNGAN DISIPLIN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI I KAIDIPANG

Sapriadi Paputungan, Cherys Laloan, Firdaus Lakoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara displin dengan prestasi belajar siswa dalam Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri I Kaidipang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis korelasi untuk pengujiannya, yakni menganalisis besaran koefisien korelasinya (r) untuk menentukan ada tidaknya hubungan/korelasi antara variavel X dan variable Y pada siswa SMP Negeri 1 Kaidipang dengan menggunakan alat uji analisis koefisien korelasi product moment.

Berdasarkan hasil analisis, koefisien korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,759 sedangkan nilai rkriteria (rtabel) untuk dk = n-2 (36) pada taraf kepercayaan 95% adalah 0,329. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara kedua variabel : disiplin (variabel X) dengan prestasi belajar (Y). Hubungan antara disiplin dengan prestasi belajar ternyata memiliki derajat hubungan yang erat, sebesar 0,759 dengan koefisien determinasi (r2) = 0,577 atau jika diprosentasikan adalah sebesar 57,7%. Hal ini berarti bahwa kemungkinan perubahan yang terjadi pada prestasi belajar 57,7% ditentukan oleh perubahan pada factor disiplin dan 42,3% ditentukan oleh faktor-faktor lain.

 

Kata kunci : Disiplin, prestasi belajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.