PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MEMBANGUN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH MELALUI BIMTEK DENGAN METODE BIMBINGAN LANGSUNG DI SMA KRISTEN TUMOU TOU GIRIAN KOTA BITUNG

Maxy Awondatu(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas peningkatan kompetensi guru dalam membangun budaya literasi di sekolah melalui bimtek dengan metode bimbingan langsung di SMA Kristen Tumou Tou Girian Kota Bitung. Metode penelitian adalah PTK, dengan subjek 16 Guru. Analisi data yang terkumpul maka kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penyelenggaraan Bimtek Dengan Metode Bimbingan Langsung dapat meningkatkan kompetensi guru dalam Membangun Budaya Literasi di Sekolah di SMA Kristen Tumou Tou Girian Kota Bitung. Hal tersebut di tunjukkan dengan skor hasil pengamatan terhadap guru yang terus meningkat dari siklus 1 hingga siklus 3. Pada siklus 1 skor yang di peroleh yaitu 78, kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 120, dan pencapaian skor maksimal yaitu 144 terjadi pada siklus 3. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Literasi, Metode Bimbingan Langsung.

References


DepartemenPendidikandanKebudayaan RI. 1982. AlatPenilaianKemampuan Guru: Buku I. Jakarta: Proyek Pengembangan

Dr. Ali Mudlofir, M.Ag, 2012. Pendidikan Professional Konsep, Strategi Dan Aplikasinya Dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Gipayana Muhana, 2010, Pengajaran Literasi, Malang: Asih, Asah, Asuh.

Graff, Harvey J, 2006, Literacy, Micosoft, Encarta, Redmon WA: Microsoft Coorporation.

Pendidikan Guru.______. 1982. Panduan Umum Alat Penilaian Kemampuan Guru. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.______. Alat Penilaian Kemampuan Guru:Hubungan antar Pribadi. Buku III. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.______. Alat Penilaian Kemampuan Guru: Prosedur Mengajar. Buku II. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru.

Prof. Udin Syaefudin Sa’ud Ph.D & Dr. Ridwan, M.Pd., 2010 Pengembangan Profesi Guru. Bandung : ALFABETA.

Prof. Dr. Sudawan Danim & Dr. H. Khairil, 2011. Profesi Kepribadian. Bandung:ALFABETA.

Suhardjono, A. AzisHoesein, dkk (1995). Pedoman penyusunan KTI di Bidang Pendidikan dan AngkaKredit Pengembangan Profesi Guru.Digutentis, Jakarta :Diknas

Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada

Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005

Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.

Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

Supardi. 2005. Penyusunan Usulan, dan Laporan Penelitian Penelitian Tindakan Kelas, Makalah disampaikan pada“ Diklat Pengembangan Profesi Widyaiswara”, Ditektorat Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Trianto, MPd, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif, Kencana, Jakarta

Uno Hamzah B, 2009, Teori Motivasi dan Pengukurannya (Analisis di bidang Pendidikan), Jakarta: Bumi Aksara.

Widaningsih, Dedeh, 2010, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Rizky Press.

William H, Sulzby, Elisabeth, Emergent Literacy, Writing and Reading, Ablex Publication Corp. University of Minnesotta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 154 times
PDF Download : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.