HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR SISWA SMA

Theophany D Kumaat(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berguna untuk mencari hubungan antara Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir Pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Kauditan. Efikasi diri dapat diukur dari pengalaman keberhasilan, pengalaman orang lain, dan persuasi sosial. Sedangkan pengambilan keputusan karir yang dapat diukur dari penilaian diri, pengumpulan informasi, tujuan, perencanaan, dan penyelesaian masalah. Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode penelitian kuantitatif dengan analisis pearson product moment correlation dengan bantuan SPSS 25. Subjek adalah siswa kelas XII yang berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan didapatkan sebanyak 95 sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara efikasi diri denngan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Kauditan. Dengan nilai sebesar R= 0.509 dengan nilai P= 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Efikasi Diri, Pengambilan Keputusan, Karir, Persuasi Sosial.

References


Adhi, William Gunawan. 2018. Hubungan efikasi diri pengambilan keputusan karier dan pengambilan keputusan karier pada siswa SMA. Jurnal Psikologi, 14(1), 1-11.

Bandura, A. (1997). Social learning theory. New York: General Learning Press.

Iffah, Farida Nur. 2012. Pelatihan Efikasi Diri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 606 times
PDF Download : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.