UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PDTO MATERI ALAT UKUR ELEKTRONIK MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS X TKRO SMK NEGERI 8 MANADO

Debora I. E Rondonuwu(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, setelah dievaluasi dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif metode team game tournament (TGT) pada pembelajaran PDTO secara optimal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PDTO siswa Kelas X TKROSMKNegeri 8 Manado. Hal ini terlihat dari tingkat keberhasilan setiap aspek kualitas proses dan hasil pembelajaran yang mengalami peningkatan pada siklus II dan telah memenuhi bahkan melebihi masing-masing target yang diharapkan. Peningkatan kualitas hasil belajar ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas yang semula pada tes kemampuan awal hanya diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,78 pada siklus I meningkat menjadi 68,61 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,72. Pada tes kemampuan awal siswa yang dapat mencapai batas tuntas hanya 33,36%, sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 55,56 % dan pada siklus IImencapai 86,11 % yang berarti sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal sekolah sebesar 85%. Kata Kunci: Metode Team Game Tournament, Kualitas Belajar, Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

References


B.R. Hergenhahn and Matthew H. Olson. 1997. An Introduction To Theories Of Learning. United States Of America.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sardiman A. M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 235 times
PDF Download : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.