PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES WANGA MOTOLING

Yulmi H Mottoh(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Inpres Wanga Motoling Minsel. Prosedur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah kelas IV SD dengan jumlah 18 orang. Data yang dikumpulkan melalui catatan observasi dan hasil evaluasi yang dilakukan sejak awal penelitian sampai dengan sikus II. Bentuk evalusianya berupa tes tulisan lembar penilaian yang diketik dibagikan kepada seluruh siswa kelas IV di mana peneliti memberikan petunjuk kepada siswa dalam mengerjakan evalusai. Pencapaian hasil belajar pada siklus I yaitu 68%., pada siklus II yaitu 91 %. Simpulan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD Inpres Wanga. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar.

References


Aqip Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung :Yrama Widya Asri

Budiningsih, 2008, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta

Aunurrahman. 2008. Belajar Dan Pembelajaran.Bandung : Alfabeta

Ahmar Nur Alam. Sunarto dan dkk, Pendidikan Kewarganegaraan SD untuk kelas 5.Berdasarkan Standar isi 2006.Hak Cipta @ 2006 pada Penerbit Erlangga.

Lexy J. Moleong. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung. Remaja Rosda karya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Pendidikan


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 136 times
PDF Download : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.