Menanamkan Jiwa Kewirausahaan melalui Percontohan Budidaya Tanaman Pangan pada Anak Usia Sekolah

Verra E J Mawitjere(1), Revolson A Mege(2), Julduz R Paus(3), Jeane Mantiri(4), Mokosuli Y Semuel(5),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
(4) Universitas Negeri Manado
(5) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Suatu kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan pada Masyarakat (KKN PPM) untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan berwirusaha anak usia sekolah di Likupang Barat telah dilaksanakan dengan baik. Kegiatan KKN PPM tersebut bertujuan menghasilkan program aksi usaha budidaya tanaman pangan dengan memanfaatkan halaman sekolah dalam upaya menanamkan jiwa kewirausahaan pada anak usia sekolah, dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kecakapan hidup (life skill) melalui pilot project atau percontohan budidaya tanaman pangan bagi anak usia sekolah di SMP Negeri 1 Talise. Metode yang digunakan dalam Program KKN PPM yaitu menggunakan kombinasi metode “aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi “tepat guna“ budidaya tanaman pangan dengan pendekatan pembelajaran “Pilot Project” atau percontohan usaha tani dengan memanfaatkan halaman sekolah sehingga di samping anak-anak mendapatkan pengalaman life skill dalam upaya pembentukan karakter berwirausaha sekaligus juga kegiatan ini menjadi laboratorium dan sumber belajar bagi siswa untuk mata pelajaran Pendidikan Ekonomi serta pembinaan karakter anak. Hasil yang dicapai dalam kegiatan KKN PPM ini yaitu, terfasilitasi percontohan budidaya tanaman pangan di samping sebagai upaya menunjang pemenuhan kebutuhan konsumsi juga sekaligus telah menjadi media pembelajaran pendidikan ekonomi dalam upaya menanamkan jiwa kewirausahaan, juga menjadi sumber biaya kebutuhan sekolah bagi anak usia sekolah.

References


Anonimus. (2013). Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Minahasa Utara.

Alma, B. (2010). Kewirausahan, Bandung: Alfabeta.

Maramis AA, Mege RA, Saerang JLP, Manopo JH. (2016a). Community

empowerment through facilitation of rice field farming in Kabaruan Subdistrict, Talaud Islands, North Sulawesi. In: Soewandhi SN, Widnyana IK (eds) Innovation of Science and Technology of Higher Education to Improve the Prosperity of Society; Proceedings of

National Seminar on Results of Research and Community Service. Mahasaraswati University, Denpasar, 29-30 August 2016. [Indonesian]

Mulyasa, E. (2009). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Zaini, Z., T. Sudarto, J. Triastoro, E. Sujitno dan Hermanto. (1996). Usahatani lahan kering : Penelitian dan Pengembangan. Proyek Penelitian Usahatani lahan Kering. Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat. Bogor


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 286 times
PDF Download : 18 times

DOI: 10.36412/jds.v1i1.809

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i1.809.g735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.