Pengembangan Website Berbasis Seni bagi Generasi Muda di Kecamatan Singkil Kota Manado

Made Krisnanda(1),


(1) Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Manado adalah ibukota propinsi Sulawesi Utara dan salah satu provinsi yang sedang berkembang. Seperti daerah lain, teknologi informasi adalah salah satu bidang yang banyak digemari masyarakat Manado. Generasi muda adalah kelompok masyarakat yang paling banyak memanfaatkan teknologi informasi, ini terbukti dari besarnya penggunaan konten dan aplikasi oleh kawula muda si kota Manado.Masjid Nurul Iman adalah salah satu tempat ibadah umat muslim yang berada di Kecamatan Singkil dan memiliki 65 remaja. Remaja ini memiliki hobi yang berbeda-beda dan membutuhkan wadah untuk dapat menyalurkan hobinya dengan memanfaatkan teknologi informasi. Karya seni seperti musik, lukisan dan sastra merupakan beberapa hobi seni yang diminati generasi muda di Masjid Nurul Iman. Melihat potensi dan peluang ini, maka tim pengabdian masyarakat Universitas Negeri Manado, menggunakan kompetensinya di bidang teknologi informasi menciptakan solusi yang dapat menjadi wadah penyaluran hobi generasi muda di Masjid Nurul Iman. Pengabdian yang dimaksud adalah mengadakan pelatihan agar generasi muda di lingkungan ini dapat memanfaatkan teknologi informasi untuk berbagi dan menerbitkan karya seninya. Teknologi informasi yang dimaksud adalah membuat sebuah situs web untuk mengurangi keterbatasan jarak dan waktu akses karya seni yang disebarkan.

References


Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. https://doi.org/716050881

Andre. (2017). Belajar HTML Dasar Part 1: Pengertian HTML. Retrieved from http://www.duniailkom.com/belajar-htmlpengertian-html/

Muchmore, M. (2015). Adobe Photoshop CC 2015. PCmag.Com. Retrieved from http://search.proquest.com.ezaccess.library

.uitm.edu.my/docview/1747324676?accountid=42518

Soeryani dan koesheryatin. (2014). HTML. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 133–138. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/617/411

Stahl, G., Koschmann, T., & Suthers, D. (2014). Computer-supported collaborative learning. In The Cambridge Handbook of the Learning Sciences, Second Edition. https://doi.org/10.1017/CBO97811395195

029

Suganda, T. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Generasi Z. Universitas Padjadjaran, (February), 359–366. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23700.60800

Tantiponganant, P., & Laksitamas, P. (2014). An analysis of the technology acceptance model in understanding students’ behavioral intention to use university’s social media. In Proceedings - 2014 IIAI

rd International Conference on Advanced Applied Informatics, IIAI-AAI 2014. https://doi.org/10.1109/IIAI-AAI.2014.14


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 350 times
PDF Download : 36 times

DOI: 10.36412/jds.v1i1.805

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i1.805.g731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.