PKM Muda Mudi Gereja Katolik Roh Kudus Matani Tomohon (Kelurahan Matani Satu)

Diana Putong(1), Quido Kainde(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Rencana kegiatan pengabdian dengan judul PKM Gereja Katolik Roh Kudus & Gereja Katolik Maria Ratu Damai yang bertempat di Kelurahan Matani Satu dan Kelurahan Walian Satu, kota Tomohon, Propinsi Sulawesi Utara adalah mengenai dampak hukum dari body shaming baik secara langsung maupun secara online. Pengertian body shaming masih belum terlalu banyak orang yang mengerti bahwa sama artinya dengan bullying atau mengolok-olok tubuh seseorang. Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi hukum mengenai body shaming khususnya bagi para pemuda agar dapat bijak menggunakan internet. Beberapa solusi yang ditawarkan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra antara lain adalah dengan pembinaan melalui media seminar hokum agar para muda mudi dapat mengetahui lebih dalam mengenai apa arti dari body shaming dan hubungannya dengan hokum sehingga dalam kehidupan sehari-hari mereka lebih dapat mengetahui baik atau tidaknya body shaming kepada orang lain serta juga apa yang dapat mereka lakukan kalau body shaming terjadi kepada mereka dari sisi hukumnya dan bagaimana penggunaan media online yang pintar. Luaran yang akan dihasilkan dari masing-masing solusi atas permasalahan yang dihadapi mitra ada 2 luaran adalah hasil artikel dari pelaksanaan program PKM ini akan dipublikasikan dalam jurnal nasional / internasional yang terindeks.

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Komisi Kepemudaan KWI. 2008. Pedoman Karya Pastoral Kaum Muda.

Pratama Hadi Aditya. 2017. Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2016 terbesar di dunia. https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesiatahun-2016.

Press Kominfo. 2013. Kominfo : Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta orang.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 23 times
PDF Download : 4 times

DOI: 10.36412/jds.v2i3.1133

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v2i3.1133.g1075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.