PKM Manajemen Usaha Dan Sistem Distribusi Hasil Pertanian Barito Di Desa Tumaratas Langowan

Mercy Reinette Handayani Mantur(1),


(1) STIE Eben Haezar Manado
Corresponding Author

Abstract


Program PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada petani di Desa Tumaratas Langowan Kabupaten Minahasa dalam menata manajemen usaha secara efisien dan mengembangkan saluran distribusi pemasaran hasil pertanian barito (Bawang, Rica, Tomat). PKM ini dilaksanakan dengan menggunakan perpaduan pelatihan manajemen usaha dan pendampingan pengembangan saluran distribusi hasil pertanian bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dimiliki oleh Desa Tumaratas Kecamatan Langowan. Hasil dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini yakni terbentuknya pola pikir dan pemahaman dari petani untuk menata manajemen usaha serta cara pengembangan saluran distribusi pemasaran hasil pertanian barito dengan memanfaatkan BUMDES, sehingga dapat memasuki pasar swalayan/pasar modern di pusat kota maupun di luar Provinsi Sulawesi Utara.

References


Harjati, I. M., Astuti, K., & Reny, Y. (2015). Pola Distribusi Komoditas Pertanian Unggulan di Desa Mlatiharjo Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. COUSD Proceedings, 2, 161–176.

Ibrahim, A. (2018). Manajemen Badan Usaha Milik Desa. Yogyakarta: Deepublish.

Jacobs, R., & Chase, R. (2016). Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan (14th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Pearce, J. A., & Robbinson, R. (2013). Manajemen Strategis (Formulasi, Implementasi dan Pengendalian) (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Zimmerer, T. W., & Scarborough, N. (2014). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil (5th ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 23 times
PDF Download : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.