PKM Kelompok Kuliner Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa

Ferdinan Ivan Sangkop(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah mempengaruhi pola hidup masyarakat dimana penggunaan smartphone dan akses online telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari- hari. Penggunaan teknologi di bidang usaha, khususnya usaha kuliner sudah mulai diterapkan oleh para pelaku usaha dan dimanfaatkan oleh para konsumen. Kecamatan Pineleng sebagai salah satu kecamatan di kabupaten Minahasa memiliki banyak usaha kuliner kecil dan menengah. Salah satunya adalah Katering Samsuri yang menyediakan pesanan makanan ke rumah-rumah atau acara. Mengingat lokasinya di dalam lorong Pineleng I dan masih menggunakan iklan tradisional lewat cerita dari mulut ke mulut maka agak sulit untuk memasarkan produk kulinernya. Untuk itulah akan dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan menggunakan kompetensi yang ada di bidang teknologi informasi untuk mengembangkan usaha dari mitra di Kecamatan Pineleng. Dengan analisis dan perancangan sesuai dengan produk kuliner yang ditawarkan maka diusulkan untuk mengembangkan situs untuk pemasaran secara online yang dapat diakses oleh masyarakat luas dan diharapkan dapat mengembangkan usaha kuliner milik mitra.

References


Sakur, Stendy. 2005. Aplikasi WEB Basis data dengan Dreamweaver MX 2004. Yogyakarta: Andi, 2005.

Studio, Tim Digital. 2005. Seri Pelajaran Komputer Mengoperasikan Software Web Design. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2005.

Whitten, Jeffrey L., Bentley, Lonnie D., dan Ho, Thomas I.M., System Analysis and Design Methods, Mosby College Publishing, USA.York : McGraw-Hill, 1997.

Yuhefizar, Mooduto, HA dan Hidayat, Rahmat. 2006. Cara Mudah Membangun Website Interaktif menggunakan Content Managemen System Joomla. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006.

Zaki, Ali dan Community, SmitDev. 2008. 36 Menit Belajar Komputer. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 21 times
PDF Download : 4 times

DOI: 10.36412/jds.v2i1.1115

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v2i1.1115.g1057

Refbacks

  • There are currently no refbacks.