PKM Pengembangan Model Pembelajaran pada Guru se-SMP Negeri 3 Tomohon

Agnes N Goni(1),


(1) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru- guru di SMP Negeri 3 Tomohon. Untuk mencapai tujuan tersebut maka metode pendekatan yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan, dan memfasilitasi seluruh kegiatan termasuk praktek mengajar dengan model-model PAIKEM. Rencana kegiatan ini dilaksanakan selama 1 bulan (2 hari pelaksanaan kegiatan) dengan tahapan sebagai berikut: Persiapan, Pelaksanaan, Pemantapan Program Kerja dan Evaluasi. Hasil yang dicapai melalui kegiatan PKM pada guru-guru di SMP Negeri 3 Tomohon bisa disimpulkan sebagai berikut: (1). Ada antusias yang tinggi dari para guru untuk mengembakan kemampuannya dalam mengembangkan kompetensi pedagogik. (2). Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan model-model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menarik (PAIKEM).

References


Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Bahan Uji Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2012) Kurikulum 2013 Dorong Siswa Kreatif. [Online]. Tersedia:edukasi.kompas.com/red/2013/02/23 [07 Maret 2013).

Komalasari, K. (2008). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual dalam Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Kewarganegaraan. (Disertasi). UPI Bandung.

Komara, Endang. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Rafika Aditama.

Materi PLPG UNIMA, 2012

Michael, 2002. Dasar-dasar Utama Praktek Belajar Kewarganegaraan, materi pada Pelatihan Pelatih Praktek Belajar Kewarganegaraan. CCEIP & DepDikNas. 2002.

Winataputra, 2005. Model Pembelajaran Kooperatif. UT (PAU-PPAI UT)

Uno dan Mohamad, 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer & Setiawati Lilis, 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 200 times
PDF Download : 21 times

DOI: 10.36412/jds.v2i1.1113

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v2i1.1113.g1055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.