PKM PENCATATAN AKUNTANSI BAGI USAHA KECIL IBU-IBU BHAKTI WANITA ADVENT GMAHK TELING SATU MANADO

Florence Olivia Moroki(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pencatatan akuntansi sangat penting bagi setiap wirausahawan dalam menjalankan usahanya. Salah satu cara yang mudah dalam menerapkan pencatatan akuntansi yakni dengan aplikasi excel. Praktik akuntansi praktis bagi usaha kecil sangatlah penting dilakukan oleh para wirausahawan dalam pengelolaan keuangan usahanya. Akuntansi sederhana memudahkan dalam mengatur masuk keluarnya dana untuk usaha kecil. Karakteristik utama usaha kecil adalah kemampuannya mengembangkan proses bisnis yang fleksibel dengan menanggung biaya yang relatif rendah. Meskipun tergolong kecil, usaha pembuatan kue, penjualan nasi kuning, penjualan ikan, bahkan salon rumahan yang dilakukan ibu-ibu Bhakti Wanita Advent (BWA) di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) Jemaat Teling Satu Manado juga memerlukan pencatatan akuntansi sehingga dapat optimal dalam mengelola keuangan usahanya. Usaha-usaha kecil yang dilakukan oleh ibu-ibu BWA GMAHK Teling Satu tersebut sudah lama dikembangkan karena sebagian besar merupakan mata pencarian utama mereka; meskipun ada juga yang melakukan usaha kecil sebagai usaha sampingan. Dengan meningkatnya pendapatan ibu-ibu BWA GMAHK Teling Satu melalui usaha kecil yang mereka lakukan, keuangan gereja juga menjadi meningkat. Meskipun demikian, ada beberapa permasalahan yang dihadapi ibu-ibu BWA GMAHK Teling Satu dalam kegiatan usahanya, yakni kebanyakan ibu-ibu BWA belum memahami pencatatan akuntansi dan bahkan pengelolaan keuangan yang baik, serta masih minimnya modal usaha yang dimiliki Berdasarkan fenomena permasalahan yang terjadi tersebut dan hasil diskusi dengan mitra maka dibutuhkan suatu model pencatatan akuntansi untuk lebih meningkatkan hasil usaha kecil ibu-ibu BWA GMAHK Teling Satu Manado. Untuk itu dibuat kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) melalui kegiatan pelatihan tentang pencatatan akuntansi berbasis aplikasi excel bagi pengelolaan keuangan usaha kecil.

References


Accounting Principles Board. 1970. “Basic Concepts and Accounting Principles Underlying Financial Statement of Business Enterprises”. Accounting Principles Board Statement No. 4. New York: AICPA.

Warsono, S., Ridha, M.A., Darmawan, A. 2008. Akuntansi Dasar. Asgard Chapter Yogyakarta.

Warsono, S., Sagoro, E., Ridha, M.A., Darmawan, A. 2010. Akuntansi UMKM Ternyata Mudah Dipahami dan Dipraktikkan. Asgard Chapter Yogyakarta


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 89 times
PDF Download : 17 times

DOI: 10.36412/jds.v1i2.1110

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i2.1110.g1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.