KEARIFAN LOKAL DALAM MERAJUT PERSATUAN DAN KESATUAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNIMA

Hetreda Terry(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Kearifan lokal dalam merajut persatuan dan kesatuan mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Unima perlu dibangun dengan melihat kenyataan mahasiswa memiliki latar belakang suku, agama tradisi dan adat istiadat yang berbeda. Mereka adalah generasi penerus bangsa yang harus memaknai dengan baik dan benar perjuangan para leluhur bangsa merebut kemerdekaan bangsa. Mereka hidup di Persatuan dan kesatuan bangsa yang telah dibangun oleh para pendiri bangsa perlu dipelihara dan dilestarikan. Berbagai cara bisa digunakan atau dilakukannya. Salah satu cara yang dipakai untuk merajut persatuan dan kesatuan antar mahasiswa yang memiliki latar belakang yang berbeda adalah melalui nilai-nilai kearifan lokal yang ada di lingkungan masyarakat. Kearifan lokal yang ada antara lain Sitou Timou Tumou Tou dan Torang Samua Basudara. Tujuan kegiatan ini untuk merajut persatuan dan kesatuan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado umumnya dan lebih khusus mahasiswa yang kuliah di Jurusan Pendidikan Sejarah. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah sosialisasi dan penyuluhan. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah Mahasiswa. Hasil yang dicapai : 1) peningkatan pengetahuan tentang nilai-nilai kearifan lokal masyarakat setempat; 2) memperoleh pengetahuan tentang makna kearifan lokal Sitou Timou Tumou Tou dan Torang samua basudara dalam dalam merajut persatuan dan kesatuan.

References


Kansil, C.S.T dan Christine S.T. Kansil. 2011. Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. PT. Rineka Cipta; Jakarta. 271 hal.

Pasandaran Sjamsi, 2004, Demokratisasi Pendidikan Menjawab Tantangan Manajemen Pendidikan Nasional, Media Pustaka Manado,` 190 hal.

Tilaar, H. A. R. 2004. Multikulturalisme : Tantangan – tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. PT Gramedia Wisiasarana Indonesia; Jakarta. 401 hal.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 42 times
PDF Download : 15 times

DOI: 10.36412/jds.v1i2.1108

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i2.1108.g1050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.