PKM PENGELOLAAN LAHAN PERTANIAN HORTIKULTURA DALAM RANGKA KONSERVASI LAHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL PERTANIAN

Denny Maliangkay(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Salah satu bagian penting dari budi daya pertanian yang sering terabaikan oleh para praktisi pertanian di Indonesia adalah konservasi tanah. Hal ini terjadi antara lain karena dampak degradasi tanah tidak selalu segera terlihat di lapangan, atau tidak secara drastis menurunkan hasil panen. Lahan merupakan bagian dari bentang lahan (Lanscape) yang meliputi lingkungan fisik termasuk iklim, topografi/relief, hidrologi tanah dan keadaan vegetasi alami yang semuanya secara potensial akan berpengaruh terhadap penggunaan lahan. Kondisi sosial ekonomi dan sumber daya masyarakat menjadi pertimbangan sehingga tindakan konservasi yang dipilih diharapkan dapat meningkatkan produktivitas lahan, menambah pendapatan petani serta memperkecil risiko degradasi lahan. Pada dasarnya teknik konservasi dibedakan menjadi tiga yaitu: (a) vegetatif; (b) mekanik; dan (c) kimia. Metode yang digunakan adalah metode Aplikasi dilapangan, kegiatan pengolahan lahan dilapangan, dan diskusi Tanya jawab. Metoda vegetatif yaitu metoda konservasi dengan menanam berbagai jenis tanaman penutup tanah, tanaman penguat teras, penanaman dalam strip, pergiliran tanaman serta penggunaan pupuk organik dan mulsa. Metoda sipil teknis yaitu suatu metoda konservasi dengan mengatur aliran permukaan sehingga tidak merusak lapisan olah tanah (Top Soil) yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Usaha konservasi dengan metoda sipil teknis ini yaitu membuat bangunan-bangunan konservaasi antara lain pengolahan tanah menurut kontur, pembuatan guludan, teras, dan saluran air

References


Dulbahri. 1986. Perubahan Penggunaan Lahan di Daerah Aliran Sungai Progo Jawa Tengah. Yogyakarta : Fakultas Geografi UGM.

Sarief. S. 1979. Ilmu Tanah Umum. Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran:Bandung

________. 1985. Ilmu Tanah Pertanian. Pustaka Buana. Bagian Ilmu Tanah. Fakultas Pertanian UNPAD. Bandung.

Foth, H.D. 1991. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Kartasapoetra, G, dkk. 1985. Teknologi Konservasi Tanah dan Air Edisi Kedua. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Pratiwi. 2007. Aspek Konservasi Tanah dan Air dalam Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Bogor : Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam.

Sitanala, Arsyad. 1989. Konservasi Tanah Dan Air. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Sartohadi, Junun, Indah Sari Dewi, Nur, Jamulya. 2012. Pengantar Geografi Tanah. Pustaka Pelajar.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 2553 times
PDF Download : 599 times

DOI: 10.36412/jds.v1i2.1107

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i2.1107.g1049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.