PKM KELOMPOK GURU SDN 36 MANADO

Theresye Wantania(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dalam mencapai sumber daya manusia yang berkualitas sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan secara nasional, perlu dilaksanakan sistem penilaian hasil belajar yang baik dan terencana.Sistem penilaian tersebut tidak saja dilaksanakan di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten, namun juga di tingkat sekolah perlu diperhatikan dan dilaksanakan dengan baik. Adapun untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, penilaian diarahkan untuk mengukur kemampuan, diantaranya pemahaman konsep, siswa mampu mendefinisikan konsep, mengidentifikasi dan memberi contoh. Bidang studi bahasa Indonesia oleh sebagian besar siswa dianggap sebagai mata pelajaran yang tidak terlalu sulit. Ini disebabkan karena bahasa adalah bahasa sehari-hari dibicarakan dalam dialeg mereka sendiri. Sehingga menurut mereka pelajaran bahasa Indonesia sangat mudah dipelajari. Sikap para siswa inilah yang membuat mereka tidak serius dalam belajar bahasa Indonesia akibatnya kualitas belajar siswa untuk pelajaran bahasa Indonesia tidak mencapai hasil yang maksimal. Hasil kegiatan ini, kelompok guru SDN 36 Manado bertambah pengetahuan dan skillnya terhadap model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

References


Agus Suriamiharja, 1991. Strategi Belajar Mengajar, Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra. Malang : YA. 3 Malang.

Ahmad Alfiantom 2006. didonwload dari http://re-researchensines.com. Pada tanggal 30 April 2011.

Dimyati dan Mudjiono, 2006.Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL).

Sanjaya, W. 2008.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Enesa Press.

Submitted, dan Kridalaksana 2009.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa, Mathedu. unila.blogspot.com


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 89 times
PDF Download : 9 times

DOI: 10.36412/jds.v1i2.1102

DOI (PDF): https://doi.org/10.36412/jds.v1i2.1102.g1044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.