Pengaruh Internalisasi Nilai Pancasila Sila Ketiga Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Perilaku Kerjasama pada Mahasiswa di Universitas Bina Nusantara

Dian Anggraini Kusumajati(1),


(1) Universitas Bina Nusantara
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengukur Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila sila ke tiga Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Perilaku Kerjasama Mahasiswa di Universitas Bina Nusantara. Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh internalisasi nilai-nilai Pancasila sila ke tiga dan mengukur perilaku kerjasama mahasiswa. Populasi subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif yang berada di Universitas Bina Nusantara sebanyak 289 mahasiswa. Teknik pengumpulan sampel dilakukan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala, yang terdiri dari 2 (dua) buah kuesioner yaitu kuesioner yang mengukur internalisasi nilai-nilai Pancasila sila ke tiga dan perilaku kerjasama mahasiswa. Hasil dari penelitian ini untuk jangka panjang adalah internalisasi nilai-nilai Pancasila khususnya sila ke tiga dan peningkatan perilaku kerjasama mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila pada sila ketiga, dan tujuan jangka pendek adalah menghasilkan alat ukur internalisasi nilai-nilai Pancasila sila ketiga dan perilaku kerjasama yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian lanjutan mengenai internalisasi nilai-nilai Pancasila sila ketiga dan perilaku kerjasama mahasiswa.


References


Hakam, K. A., & Nurdin, E. S. (2016). Metode Internalisasi Nilai-Nilai Untuk Memodifikasi Perilaku Berkarakter. Bandung: IKAPI.

Hidayat, B. (2009). Membangun Kerjasama Tim. Diambil tanggal 24 April 2018, Dari https://www.researchgate.net/profile/Bahril_Hidayat/publication/320238537_Membangun_Kerjasama_Tim/links/5a242fdc0f7e9b71dd073798/Membangun-Kerjasama-Tim.pdf?origin=publication_detail.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui. Educationist, 2(2), 134-144.

Mulyana. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Nurhadianto. (2014). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Upaya Membentuk Pelajar Anti Narkoba. JIPS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 44-54.

Nurjanah, S. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Pelajar (Upaya Mencegah Aliran Anti Pancasila di Kalangan Remaja). Jurnal Studi Agama, 5(1), 93-106.

Renlund, J. (2016). An Introduction to Teamwork. Diambil tanggal 23 April 2018, Dari https://isodc.org/resources/Presentations/ISODC%20Profile%20Presentation%20Final.pdf

Sari, S. (2016). Kerjasama guru pembimbing dengan komisi disiplin sekolah dalam pengawasan penyalahgunaan handphone kamera siswa di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Bengkalis. Diambil tanggal 20 April 2018, Dari http://repository.uin-suska.ac.id/4939/3/BAB%20II.pdf

Siregar, C. (2014). Pancasila, Keadilan Sosial, dan Persatuan Indonesia. Jurnal Humaniora, 5(1), 107-112.

Sulistyanto. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan

Kewarganegaraan. Jurnal CWE, 31-42. Diambil tanggal 2 Januari 2018, Dari http://jurnal.cwe.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/4.-SULISTYANTO-1-OK-HAL-31-42.pdf

Supriyadi, A. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKN pada Siswa Man 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(4), 849-856.

Rodiyah, S. (2017). Upaya meningkatkan kerjasama dan prestasi siswa melalui model pembelajaran Inkuiri terbimbing pada mata pelajaran IPA pateri pembentukan tanah di kelas V SDN KarangBawang. Diambil tanggal 20 April 2018, Dari http://repository.ump.ac.id/1167/3/BAB%20II.pdf.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 460 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 91 times

DOI: 10.36412/ce.v5i1.2554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.