PENDIDIKAN KARAKTER: SEBUAH UPAYA KOLEKTIF

Yati Budiarti(1),


(1) Politeknik Negeri Kesehatan Kemenkes Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan karakter merupakan tanggung jawab bersama di setiap ruang lingkup pendidikan. Institusi pendidikan, seperti sekolah, keluarga dan masyarakat memiliki peran penting dalam pendidikan karakter. Untuk itu, pendidikan karakter di Indonesia membutuhkan kerja kolektif yang melibatkan semua elemen bangsa. Pendidikan nilai karakter dapat dilihat pada dua latar, yaitu pada latar makro dan pada latar mikro. Latar makro bersifat nasional yang mencakup keseluruhan konteks perencanaan dan implementasi pembinaan nilai karakter yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Secara makro pembinaan karakter terdiri dari tiga tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil. Kajian ini menekankan bahwa peran keluarga, sekolah dan masyarakat merupakan kolaborasi penting dalam pendidikan karakter. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan adanya kerjasama yang secara nyata diwujudkan dalam proses pendidikan karakter.

Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Keluarga, Sekolah, Masyarakat


References


Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa, Bandung: Widya Aksara Press.

Budimansyah, D. (2012). Perancangan Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.

Campbell, E. (2004), Ethical Base of Moral Agency in Teaching, Teacher and Teaching: Theory and Practice, 10 (4), 409-428.

Ferguson, Elizabeth., & Houghton, Stephen. (1992). “The effects of Contingent Teacher Praise, as Specified by Canter's Assertive Discipline Programme, on children's on – task behaviour”, Educational Studies, Vol.18 (1): 83-93.

Modell, H.I., (1996), “Preparing Students To Participate In An Active Learning Environment”, Advances in Physiology Education, 270, pp.69-77.

Nucci, L.V., & Narvaez, D. (2008). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter. New. York: Taylor & Francis

Parker, D. C., Nelson, J. S., & Burns, M. K. (2010). Comparison of correlates of classroom behavior problems in schools with and without a school‐wide character education program. Psychology in the Schools, 47(8), 817-827.

Students Through History. University of Toronto.

Umar, M., Hakam. K.A., & Somad, M.A. (2018). Peace Values in Learning Process (A Descriptive study based on Student Experiences), Advances in Social Sciences, Education and Humanities Research, Vol. 253, p. 20-23.

Wang, L. (2017). What Does It Mean to Be Canadian? Building National Identity for Secondary

Willemse, M., Lunenberg, M. & Korthagen, F. (2005), “Values in Education: A Challenge for Teacher Educators”. Teaching and Teacher Education, 21 (2), 205-217.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 338 times
PDF Download : 75 times

DOI: 10.36412/ce.v3i1.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan