PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PALANGKA RAYA

Dewanto Zulkarnain(1),


(1) STMIK Palangka Raya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi karena pembentukan karakter khususnya pada siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya masih belum dilaksanakan guru dengan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam bentuk studi survei. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya, guru masih lebih mengedepankan pencapaian prestasi akademis setinggi-tingginya tanpa memperhatikan yang lain seperti pembentukan karakter para siswa-siswanya terlebih di kelas X. Karakter seorang guru seharusnya bisa menjadi teladan bagi para siswa-siswanya.


Kata Kunci : Peran Guru, dan Pendidikan Karakter


References


Amri Sofan, dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran (Strategi Analisis dan Pengembangan Karakter Siswa Dalam Proses Pembelajaran). Jakarta: Tim Prestasi Pustaka.

Asmani Jamal Ma’mur, (2011), Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di Sekolah,Yogyakarta: DIVA Press.

Baeley, D.K. (1982). Methods of Social Research, New York: A Devision of Mac Millan Publishing Co. Inc.

Baharuddin. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Djaali, (2006), Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, S.B., (2005), Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S.B dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fatchul Mu’in, (2011), Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gulo, Dali, (1982), Kamus Psikologi, Bandung: Tonis.

Hadari Nawawi, (2003), Metode Penelitian Bidang Sosial, Edisi Revisi, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hadi, Sutrisno. (1993). Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamid Darmadi, (2009), Kemampuan Dasar Mengajar (Landasan Konsep dan Implementasi), Bandung: Alfabeta.

Kartini, Kartono dan Gulo Dali. (1997). Kamus Psikologi. Bandung: Pionir Jaya.

Kertajaya, H., (2010), Grow With Character: The Model Marketing, Jakarta: PT. Gramedia Pusaka Utama.

Margono, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Diva Press.

Novan, A.W., (2012), Manajemen Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya di Sekolah, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Riduwan, (2004), Statistika Untuk Lembaga dan Instansi Pemerintahan/Swasta, Bandung: Alpabeta.

Sardiman AM, (2008), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suharsimi Arikunto, (2001), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Bina Aksara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung: Citra Utama.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1035 times
PDF Download : 480 times

DOI: 10.36412/ce.v3i1.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan