PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA SMA NEGERI 1 KULISUSU KABUPATEN BUTON UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Izan Nafrin(1), N. F. Kaunang(2), Y. D. A. Santie(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini tentang” Bagaimana Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Kab. Buton Utara Provinsi Sulawesi Tenggara?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru PKn Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian desktiptif kualitatif merupakan penelitian yang termasuk jenis penelitian kualitatif. penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran atau menceritakan tentang peran guru dalam meningkatkan disiplin siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan, sebagai seorang pendidik guru telah berusaha menjalankan perannya dengan baik yaitu menjadi panutan bagi para siswanya. Cara berperilaku yang baik dan berbicara sopan dengan para siswa menjadikan sosok seorang guru yang patut diteladani oleh para siswa. Pemberian motivasi dan nasehat yang baik kepada siswa akan dapat menjadikan siswa memilki karakter yang baik dalam hal ini karakter disiplin. Guru juga harus selalu memberikan contoh perilaku yang baik kepada siswa.

Kata Kunci : Peran Guru, Disiplin Siswa


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 572 times
PDF Download : 131 times

DOI: 10.36412/ce.v2i2.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan