OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI

Atik Sulistiatik(1),


(1) Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan
Corresponding Author

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengoptimalan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi, khususnya tentang Nilai dan Norma di kelas X 3 SMAN 4 Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan deskriptif kualitatif, dengan pelaksanaan 2 siklus . Nilai hasil tes tulis  dalam siklus I siswa yang tuntas dengan KKM 70 adalah 27 siswa (67,5%) dan yang tidak tuntas  adalah 13 siswa (32,5%) dengan nilai rata-rata 67,7 dari jumlah 40 siswa. Dalam siklus II, siswa yang tuntas adalah 38 siswa (95%) dan yang tidak tuntas adalah  2 siswa (5%) dengan nilai rata-rata 86,2 dari jumlah 40 siswa. Hal ini menunjukan bahwa prosentasi siswa yang tuntas dalam pembelajaran lebih banyak dari pada siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran, yang berarti ada peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Jigsaw.

 

Kata Kunci: Model Jigsaw, Hasil belajar, Sosiologi


References


Damanik. 2010. Sosiologi. Yogjakarta: PT Intan Pariwarna

David, Roger. 1994. Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta: Prenada Media Group

Luth Nursal. 1995. Panduan Belajar Sosiologi. Jakarta: PT Galaxy Puspa Mega

Nawawi. 1981. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Slameto. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bima Aksara

Slavin. 1994. Strategi Pembelajaran. Yokjakarta: Pustaka Insan

Soemardjan, Selo dan Soemardi Soelaiman. 1995. Pengertian Sosiologi. Yogjakarta: Pustaka Indah

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sudrajat Ahmad. 1993. Desain Pembelajaran. Yogjakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Suharsimi. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Surja Moch. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 203 times
PDF Download : 30 times

DOI: 10.36412/ce.v1i2.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan