PENGEMBANGAN MODEL JURISPRUDENSIAL INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGRAAN DI SMA NEGERI 10 MANADO

Julien Biringan(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memfokus pada pengembangan model jurisprudensial inkuiri dalam rangka memperkuat ketercapaian kurikulum tingkat satuan pendidikan dalam pengajaran PKn di SMA Negeri 10 Manado. Model ini ini sangat penting karena: pertama model ini memperkuat dan meningkatkan mutu proses pembelajaran karena model ini berpusat pada siswa (student active learning), Kedua perkembangan dan eksplosi ilmu pengetahuan tidak lagi memungkinkan pendekatan pembelajaran konvensional yang banyak dilakukan guru-guru selama ini di mana guru menyediakan “bahan jadi” dan siswa siap disuapi. Ketiga katrakteristik mata pelajaran PKn berdasarkan KTSP, memiliki ciri kontekstual. Keempat, perkembangan dan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi menghasilkan sangat banyak informasi, masalah ataupun kasus yang dapat diakses oleh siswa, dan model ini memberikan peluang yang sangat luas kepada siswa untuk mengeksplorasi sumber-sumber informasi untuk kepentingan pembelajarannya. Tujuan umum penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik model pembelajaran jurisprudensial inkuiri dalam pengajaran PKn di SMA, (2) langkah-langkah pengembangan model jurisprudensial inkuiri, (3) kekuatan dan kelemahan serta kendala-kendala dalam implementasinya, dan (4) prakondisi yang diperlukan untuk implementasi model ini, dan (5) sejauhmana model ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dalam  bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). penelitian dan  hasil analisis menyimpulkan beberapa hal penting sebagai berikut: (1). Penerapan model Jurisprudensial Inkuiri yang dikembangkan melalui tiga aspek yakni cakupan masalah, sikap siswa dan aspek pelaksanaan penilaian, secara signifikan efektif dan dapat meningkatkan evaluasi proses pada pengajaran PKn. (2). Penerapan model pembelajaran Jurisprudensial Inkuiri dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang determinan. (3). Pengembangan validasi penilaian berbasis portofolio secara signifikan dapat memperkuat ketercapaian evaluasi komprehensif berbasis kompetensi. (4). Melalui penerapan model pembelajaran Jurisprudencial Inkuiri, maka dapat engukur pencapaian tujuan pembelajaran yang  cukup baik, dimana terdapat konsistensi sikap dan perilaku dengan pertimbangan-pertimbangan untuk pengetesan asumsi dan penyimpulannya. (5). Implikasi penerapan model pembelajaran Jurisprudensial Inkuiri dapat merangkum strategi pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan yaitu menyangku guru, lingkungan sosial dan sistem pendukung lainnya.

 

Kata Kunci: Model Jurisprudensial, Inkuiri, Pembelajaran PKn


References


Barry K. Beyer, 1979, Teaching Thinking in Social Studies, Mcmillan Publishing, New York

Benny Yiu Ting, 2002, Teaching Portfolio,

Bruce Joyce, 1995, Models of Teaching, Science Resarch Association, Chihago

Charles Quegley, 2000, Global Trend in Civic Education, makalah pada Conference on Civic Educatiuon for Civil Society, CICED and USIS Jakarta, Bandung 16 – 17 Maret 1999.

Charlotte Trinquet, 2002, Teaching Portfolio,

Cogan John, 1999, Developing the Civil Society: The Role of Civic education, University of Minessota, USA

Donald Ary, Lucy Cheser, 1979, Introduction to Research in Education, Holt Rinehart and Winston, New York

Helen Barrett, The Electronic Portfolio Development Process,

Margareth Stimmann Branson, 1998, The Role of Civic education, Center for Civic Education, USA

Michael, 2002, Dasar-dasar Utama Praktek Belajar Kewarganegaraan, materi pada Pelatihan Pelatih Praktek Belajar Kewarganegaraan, Center for Civic Education Indonesia Project bekerjasama dengan Departemen pendidikan nasional, RI, 5-9 Agustus 2002. ,

Richard H. Hersh, John Miller, Glen Fielding, 1980, Models of Moral Education, Longman Inc, New York.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 255 times
PDF Download : 49 times

DOI: 10.36412/ce.v1i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan