EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE DISKUSI MKDU – PAK BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Telly D Wua(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Masalah pokok dalam penelitian ini adalah metode mengajar sebagai salah satu teknik untuk membangkitkan perhatian belajar mahasiswa di kelas. Metode mengajar yang dimaksud adalah metode mengajar mata kuliah dasar umum Pendidikan Agama Kristen dalam hal ini yang lebih tepat diterapkan dalam proses belajar mengajar pendidikan Agama Kristen yaitu metode diskusi dengan melihat beberapa cara dan bentuk diskusi yang dapat diterapkan. Desain penelitian yang dipilih adalah: menggunakan pola eksperimen yang dilakukan adalah dengan rancangan 2 x 2 yang. Rancangan (desain) yang dipilih ini adalah rancangan ekperimental yang sebenarnya (sungguhan). Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ialah: (1). Untuk meneliti efektivitas penerapan metode diskusi pada mahasiswa Universitas Negeri Manado, khususnya mahasiswa FIP Jurusan PGSD semester IV UPP I, II, III, yang sedang mengikuti perkuliahan pendidikan agama Kristen. (2). Untuk mengetahui apakah dua kelompok bebas mempunayai perbedaan yang siknifikan dalam hal hasil belajarnya dalam efektivitas penerapan metode diskusi MKDU-PAK. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya, maka dapatlah diberikan beberapa pokok pemikiran sebagai kesimpulan dari penelitian ini, seperti berikut: (1). Hasil belajar mahasiswa ditentukan oleh faktor internal mahasiswa itu sendiri baik motivasi, sikap terhadap pelajaran, bakat, IQ, dan sebagainya dan motivasi belajar tersebut banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti kebiasaan dalam belajar, disiplin dalam belajar, faktor fasilitas dan lingkungan belajar. (2). Metode mengajar yang tepat untuk suatu proses belajar mengajar mata kuliah banyak mempengaruhi sikap belajar mahasiswa, seperti hal dalam proses belajar mengajar MKDU-PAK. (3). Penerapan metode diskusi dipandang cocok untuk pengajaran pendidikan agama kristen, terutama dalam memecahkan masalah yang membutuhkan perhatian dan semangat dari setiap mahasiswa untuk memecahkan masalah tersebut. (4). Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk efektifitas penerapan metode diskusi baik metode diskusi kelas maupun metode diskusi kelompok MKDU-PAK memberikan pengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa, hal ini dapat dilihat pada perbedaan skor atau urutan tingkat yang terjadi. (5). perbedaan urutan tingkat yang terjadi dalam perbedaan hasil antara kelompok diskusi tersebut adalah hal yang sebenarnya, kalaupun terjadi di luar itu merupakan faktor lain. Penelitian ini menyarankan efektifitas pengajaran MKDU-PAK dan mengupayakan pemilihan dan penerapan metode diskusi dengan menyesuaikan materi perkuliahan dengan jenis dan bentuk diskusi apa yang digunakan.

 

Kata Kunci: Metode Diskusi, MKDU-PAK, Mahasiswa


References


Hadiwijono, K. Iman Kristen. BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1973.

Homrighousen and Enklaar, Pendidikan Agama Kristen, PBK Gunung Mulia, jakarta, 1982,1987.

Mursell, J.L. Mengejar Dengan Sukses, Jemmars, Bandung, 1987.

Nasution, S. Didaktik Asas-asas Mengajar, Jemmars, Bandung, 1980

Rostiah, N. K. Didaktik Metodik Bina Aksara, Jakarta, 1986.

Sanapiah, faisal. Format-format Penelitian Sosial, Rajawali Pers, Jakarta, 1988.

Sudjana, Metode Statistika, Tarsito, Bandung, 1988.

Sumaatmadja, N. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Alumni, Bandung. 1980.

The Liang Gie, Cara Belajar yang Efisien, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta, 1984.

Verkuyl, J. Mahasiswa Bertanggung Jawab. BPK Gunung Mulia, Jakarta, 1982.

W. Nashir Ali, Dasar-dasar Ilmu Mendidik, Mutiara, Jakarta, 1979.

Winarno, S. Metodologi Pengajaran Nasional. Jemmars, Bandung. TT


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 356 times
PDF Download : 90 times

DOI: 10.36412/ce.v1i1.494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan