DISIPLIN PEGAWAI ADMINISTRASI FIS UNIMA

Yoseph D A Santie(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah: Disiplin Pegawai Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Manado, adapun fokus penelitian ini melihat disiplin sebagai salah satu aspek  yang sangat penting dalam sistem kerja yang harus diperhatikan oleh setiap lembaga atau organisasi. Disiplin merupakan suatu proses atau pengendalian keinginan, dorongan, atau kepentingan demi tujuan atau cita-cita yang telah ditetapkan. Disiplin mempengaruhi hasil kerja pegawai, dan hal ini disebabkan oleh kemampuan seorang pegawai bekerja secara optimal dan tentunya dikendalikan oleh pemimpin yang mampu mengelola organisasi yang dipimpinnya secuai aturan yang berlaku. Disiplin kerja pegawai FIS Unima disinyalir disebabkan oleh beragam faktor, antara lain faktor individu, sistem kerja, budaya atau etos kerja.

Dalam penelitian ini, dilakukan observasi kepada para pegawai administrasi di lingkungan FIS Unima. Selanjutnya disebarkan kuesioner berisis variabel disiplin pegawai. Sampel yang ditetapkan sebanyak 21 responden. Jawaban dari kuesioner akan membantu mereduksi masalah penelitian, selanjutnya diadakan wawancara untuk mendapatlan informasi yang lebih mendalam. Hasi wawancara dan hasil kuesioner digunakan untuk melakukan interpretasi terhadap data dan dibuat pembahasan serta kesimpulan.

Hasil penelitian menggambarkan bahwa disiplin pegawai administrasi FIS Unima, belum optimal karena ada faktor-faktor yang menghambat, yaitu faktor individu seperti masalah keluarga, masalah kepribadian. Faktor sistem kerja seperti belum adanya SOP di lingkungan kerja, belum bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi karena ketrampilan yang dimiliki. Faktor budaya atau etos kerja seperti bekerja tidak tuntas dan tidak optimal.

 

Kata Kunci:  Disilpin, Pegawai Administrasi PNS


References


Rivai, dkk. 2004. Performance Appraisal Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Peerusahaan. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Sinungan, Uma, 2006. Research Methode For Bussiness: Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Simamora, 2002. Dampak Motivasi Karyawan Pada Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Dengan Kinerja Karyawan Perusahaan Bisnis. Empirika Vol. 15 No. 2

Widodo, Joko. 2006. Membangun Birokrasi Berbasis Kinerja. Bayumedia Publishing, Jakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Peraturan Disiplin PNS

http://id.wikipedia.org/wiki/kinerja

http://reviewtesis.blogspot.com/2008/02/14/pengaruh pengawasan dan disiplin.hmti http://mick182. Blogspot.com/2008/10/mengatasi-perilaku-disiplin-pengawas.htmi


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 190 times
PDF Download : 30 times

DOI: 10.36412/ce.v1i1.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan