UPAYA GURU PKN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA DI SMA AGAPE SAHU KECAMATAN SAHU TIMUR KABUPATEN HALMAHERA BARAT
(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author
Abstract
Adapun masalah yang terjadi dilapangan yaitu masih terdapat siswa-siswi yang tidak merespon baik pembinaan yang diberikan oleh guru-guru yang ada di sekolah dan sering bolos pada saat KBM.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru PKn dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa SMA Agape Sahu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis dan yang menjadi sampel dan sumber data dalam penelitian adalah guru PKn dan beberapa siswa-siswi yang ada di SMA Agape Sahu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi dan wawancara.Hasil penelitian yang peneliti peroleh yaitu guru PKn selalu memberikan nasehat, bimbingan, serta motivasi kepada peserta didik agar dapat berperilaku sesuai dengan Nilai Pancasila dan tidak melanggar setiap tata tertib yang ada disekolah.
Kata Kunci: Upaya Guru, Nilai, Pancasila
References
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Bogdan & Taylor. 1992. Metodologi Penelitian.Jakarta: Pustaka Baru Press.
Terry, H. 2016. Bahan Ajar Profesi Kependidikan.Tonando: FIS Unima.
Jamaluddin, N. 1978. Pengertian Guru. Jakarta: Rajagrafindo.
Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila.Yogyakarta: Paradigma.
Kunandar. 2007. Guru Profesional.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
M. Aziz Toyibin. 1997. Pendidikan Pancasila.Jakarta: Rineka Cipta.
Syaria Syarbaini. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan.Jakarta: Graha Ilmu.
Srijanti. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mahasiswa. Jakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumadi Suryabrata. 2014.Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Pangalila, T. 2017.Buku Bahan Ajar Filsafat Pancasila.Tondano: FIS Unima.
Lonto, A. L dan Pangalila, T. 2016. Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.
Pangalila, T. 2014. Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan warga negara Indonesia yang Good and Smard. Online. Tersedia: academia.edu.
Winarno. 2016. Paradigma BaruPendidikan Pancasila Berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi dan Panduan Baru Mata Kuliah Wajib Umum. Jakarta: Bumi Medika.
Yudilatif. 2015. Negara Paripurna: Historisitas,Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
http://kbbi.web.id/pengertian upaya
UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
http://kbbi.web.id/karakteristik
http://peraturan.go.id/perpres/nomor-54-tahun-2017.html
https://kumparan.com/muhamad-iqbal/isi-perpres-tentang-penguatan-pendidikan-karakter.
http://ojs.unm.ac.id/index.php/tomalebbi/article/download/1661/703
Hasil Perubahan Tap MPR no. 1/MPR/2003)
Article Metrics
Abstract View : 391 timesPDF Download : 80 times
DOI: 10.36412/ce.v2i1.436
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan