PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE STAD (STUDEN TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMP NEGERI 4 BEO DI LOBBO

Leidi Tandea(1), Sjamsi Pasandaran(2), Theodorus Pangalila(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Dalam penelitian ini ditemukan berbagai permasalahan seputar minat belajar siswa antara lain: tidak memiliki minat belajar dalam pelajaran PKn, kurangnya perhatian siswa dalam proses belajar mengajar, siswa pasif dan hanya guru yang aktif, tidak memiliki semangat untuk belajar pelajaran PKn, dan tidak membuat tugas yang diberikan oleh guru. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 4 Beo di Lobbo. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode penelitian deskriptif naratif dengan pendekatan kualitatif, dimana peneliti ingin menggambarkan suatu fakta yang ada disekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP negeri 4 Beo di Lobbo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe STAD yang sudah diterapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan dapat menciptakan pembelajaran yang menarik sehingga siswa tertarik untuk belajar dan ikut berpartisipasi dalam proses belajar. Dan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini diskusi dan kerja kelompok memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berpikir, berdiskusi bersama teman-teman sekelompoknya dan membuat kuis yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Oleh karena itu, penulis merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya agar dalam meningkatkan minat belajar siswa maka guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division).

 Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Minat Belajar, PKn


References


Arends, Richard I. 2007. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Chaplin, J.P. 2008. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud .

Djamarah, S. B. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ertikanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Lampung: Media Akademi.

Gunawan. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PTBumi Aksara.

Hamdayana, J. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis PembuatanProposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Ihsana. 2016. Belajar dan Pembelajaran:Konsep Dasar Metode dan AplikasiNilai-nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni 2009. Cooperative Learning . Bandung:Alfabeta.

Maleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Pangalila, T. 2017. Peningkatan Civic Disposition Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Dalam: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Unlam. 2017. Vol. 7. No. 1.

Ridwan. 2010. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Rusman, dkk. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan ProfesionalismeGuru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:AR-ruz Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Slavin, E. R. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suhana. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sumantri, Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung:Rosda Karya.

Suparno. 2007. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius

Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanti, R, Dwi. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:Kencana Prenada Group.

Winarto. 2014. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Isi, Strategi, dan Penilaian. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zubaidi. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta:Paradigma.Bandung:Refika Aditama.

Referensi Undang-Undang

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006

Undang-undang Guru dan Dosen No 14 Tahun 2005

Referensi Internet:

http://dokumen,tips/,http://elib.unikom.ac.id,http://el-kawaqi,blogspot.co.id,dan http://ringkasteori, blogspot.co.id(diakses Tanggal 24 Juli 2017)

http://spasikita.blogspot.co.id/2015/01/variasi-mengajar.html(di akses Tanggal 5 Agustus 2017)

https://kirimtugas.wordpress.com/2014/06/27/variasi-mengajar-2/ (diakses Tanggal 5 Agustus 2017)

http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-minat-belajar-siswa-menurut.html (di akses Tanggal 16 Agustus 2017)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 474 times
PDF Download : 65 times

DOI: 10.36412/ce.v2i1.430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan