Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kampus Merdeka Berdasar Optimalisasi Kompetensi Kewarganegaraan serta Pelayanan Berkualitas terhadap Mahasiswa

(1) Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract
References
Adhan, (2017). Evaluasi Kurikulum sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Idaroh: Jurnal Studi Menejemen Pendidikan Islam, 1(2), 108-129.
Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum di Indonesia. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 193-202.
Dias, D., & Soares, D. (2017). Civic Learning Outcomes: a Step Towards an Inclusive Higher Education. International Journal of Inclusive Education, 22(4), 360–374. doi: https://doi.org/10.1080/13603116.2017 . 1365956
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2014). Pedoman Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebagai Mata Kuliah Wajib Umum (MKWU) di Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.
Fajri, K. N. (2019). Proses Pengembangan Kurikulum. Islamika: Jurnal Keislamandan Ilmu Pendidikan, 1(2), 35-48. doi https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.193
Faris, F. A. (2015). Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme. Jurnal Filsafat, 25(2), 317-338. doi: https://doi.org/10.22146/jf.12687
Fitriah. (2018). Model Pengembangan Kurikulum Ralp W. Tyler. An-Nahdhah-Jurnal Ilmiah Keagamaan dan kemasyarakatan, 11(1), 45-58.
Fusnika. (2014). Pembinaan Civic Disposition Berdasar Nilai-Nilai Kemanusiaan pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kota Sukabumi. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 50-57. doi: https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.206 3
Hamidah. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Forum Paedagogik, 11(1), 27-39. doi: https://doi.org/10.24952/paedagogik.v11i1.1776
Hidayat, T. Firdaus, E. & Somad, M. A. (2019). Model Pengembangan Kurikulum Tyler dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 197-218. Doi http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v5i2.6698
Jerome, L. (2012). Service Learning and Active Citizenship Education in England. ECSJ: Education, Citizenship and Social Justice, 7(1), 59-70. doi: https://doi.org/10.1177%2F1746197911432594
Juanda. & Rahayu, N. Q. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Sarana Pembelajaran Demokrasi di Sekolah: Suatu Alternatif Pembelajaran yang Demokratis. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 101-110. doi: http://dx.doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1102
Kaimuddin. (2015). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jurnal Al-Ta’dib, 8(1), 19-38. doi http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i1.391
Kariadi, D. (2016). Revitalisasi Nilai-Nilai Edukatif Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membangun Masyarakat Berwawasan Global Berjiwa Nasionalis. Jurnal PIPSI: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(1), 14- 23.
Lonto, A. L. (2019). Students' Civic Disposition through Learning Civics and Pedagogical Competences of High School Teachers. Universal Journal of Educational Research. 7(12), 35-41. doi: https://doi.org.10.13189/ujer.2019.071905
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Nanggala, A. (2020). Citizenship Education as a Democracy Learning for Students in Higher Education. IJECA: International Journal of Education & Curicullum and Application, 3(1), 69-80.
Nanggala, A. & Suryadi, K. (2021). Analisis Konsep Kampus Merdeka dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Perenialisme. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 14-26. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jpku.v9i1.31422
Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83-91. doi: https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1. 44902
Paturahman, M. (2017). Reaktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (Suatu Tinjauan Andragogi). Sosio e-kons, 9(3), 250-256.
Permendikbud. No. 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Raharja, R. M., Legiani, W. H., Sugiana, D. F. & Lestari, R. Y. (2017). Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Kompetensi Warga Negara Mahasiswa FKIP Untirta. Untirta Civic Education Journal (UCEJ), 2(2), 199-213. doi: http://dx.doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2812
Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52-65. doi: https://doi.org/10.21831/economia.v9i1.1376
Rizvi, F. (2011). Theorizing Student Mobility in an Era of Globalization. Teachers and Teaching, 17(6), 693–701. doi: https://doi.org/10.1080/13540602.2011.625145
Rohani. & Samsiar. (2017). Upaya Guru dalam Meningkatkan Civic Knowledge Siswa melalui Model Pembelajaran Controversial Issues pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Mujahidin Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 49-59. doi: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3548
Ruslan. (2018). Perspektif Aliran Filsafat Progresivisme tentang Perkembangan Peserta Didik. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(2), 211-217. doi: http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v2i2.372
Sujana, I. G. (2015). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) dalam Perspektif Reformasi. Widyasrama, 25(1), 1-8.
Zakaria, F.A. Widijatmoko, E. K. Ladamay, I. & Kota, V. (2020). Keterlibatan Warga Negara dalam Pembangunan Berkelanjutan melalui Program Desmigratif. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 55-60. doi: https://doi.org/10.36412/ce.v4i1.1872
Article Metrics
Abstract View
PDF (Bahasa Indonesia)

DOI: 10.36412/ce.v5i2.2881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.