Penanaman nasionalisme kebangsaan pada siswa SD Muhammadiyah Muntok, Bangka Barat

Arfa Dila(1), Dinie Anggraeni Dewi(2),


(1) 
(2) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Corresponding Author

Abstract


The inculcation of nationalism values can be carried out in various ways. The purpose of this study was to determine the implementation of the values of nationalism, constraints, and solutions in the implementation of the value of nationalism in SD Muhammadiyah Muntok. Implementation, obstacles and solutions in this study are the implementation of strengthening the values of nationalism in learning and outside learning activities. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The subjects are class teachers and subject teachers at SD Muhammadiyah Muntok. Collection through direct interviews, questionnaire collection, observation, and documentation. The results showed that SD Muhammadiyah Muntok implements the value of nationalism in and in learning activities. Examples of planting nationalism values include inserting various things and

References


Wuryandani, W. (2010). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. In Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY (pp. 1-10).

Wuryandani, W. (2014) . Membangun Karakter Bangsa Melalui Penanaman Nilai Nasionalisme Untuk Anak Usia Dini.

Rahmah, I.W. ( 2019) . Penanaman Karakter Nasionalisme di SD NU Master Sokaraja Kabupaten Banyumas (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Muthoharoh, A.I. (2015) . Pendidikan nasionalisme melalui pembiasaan di sd negeri kuningan 02 semarang utara. Unnes Civic Education Journal, 1(2).

Kurniawan, F., and Ruslan, R.( 2018). Pelaksanaan Penanaman Nilai-nilai Nasionalisme pada siswa SD Negeri Unggul. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Indraswati, D., and Sutisna, D.( 2020). Implementasi Penenaman Nilai-nilai nasionalisme di SDN Karanganyar Gunung 02, Candisari, Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2).

Syarif, F.(2019). Integrasi nilai kearifan lokal terhadap penanaman nasionalisme bagi siswa sekolah. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 2(2), pp.187-195.

Siregar, E.(2016). Penanaman nilai-nilai kebangsaan pada siswa sekolah dasar di Tapanuli Selatan. Jurnal Education and Development, 1(1), pp.47-47.

Shandy, R.R.(2018). Implementasi penguatan pendidikan karakter di SD Negeri Lowokwaru 2 Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Berra, E.D.( 2018). Menanamkan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Negeri 08 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Kamisi, M., and Hasyim, R.( 2016). Peranan Guru dalam Membangun Kesadaran Cinta Tanah Air Pada Siswa Sekolah Dasar (Telaah Teoritik). Pedagogik, 4(1).

Kurniawan, A.(2020) . Peranan guru dalam membentuk karakter nasionalisme pada siswa sekolah dasar negeri Genengsari 01 kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2019/2020. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 2(2).

nama penulis pertama, dkk | judul artikel dalam 4 sampai 5 kata......

Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Sari, I.P. and Apriani, A.N. (2020). Pengembangan SSP tematik integratif berbasis LVEP untuk peenguatan karakter nasionalisme peserta didik SD.. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(1), pp.132-140.

Jayendra, P.S.(2021). Nasionalisme dalam bayang-bayang pandemi covid-1919 : Sebuah refleksi peran public relations dalam penguatan nilai-nilai kebnagsaan.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M.A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2).


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 173 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 28 times

DOI: 10.36412/ce.v5i2.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.