Hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna

La Doni(1), Julien Biringan(2), Theodorus Pangalila(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “bagaimana hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna”? Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang sangat kuat yakni sebesar 0,89 dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna; (2) Sumbangan atau kontribusi variabel X (kedisiplinan siswa) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna) adalah sebesar 79,21% dan sisanya 20,79% ditentukan oleh variabel lain di luar masalah penelitian; (3) Hasil analisis regresi menggambarkan bahwa persamaan regresi antara variabel X (kedisiplinan siswa) dan variabel Y (hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna) sebagai berikut: = a + bX = 11,86 + 1,10 X; (4) Hasil analisis regresi antara variabel kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna diperoleh nilai Fhitung sebesar 102,2181, dengan taraf kepercayaan α = 0.05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 28, sehingga diperoleh Ftabel senilai 4,20. Jadi F hitung > F tabel atau F hitung = 102,2181 > F tabel = 4,20. Sesuai dengan kriteria pengujian jika F hitung > F tabel maka H0 ditolak yang berarti terima HA; dan (5) Terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna.

Kata kunci: Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan

 

The relationship between student discipline and student learning outcomes in class VIII in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency. The problem in this study is formulated as follows: "how is the relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency"? The purpose of this study was "to determine the relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency". The research method used is quantitative research methods with regression analysis techniques. The conclusions of the research results are as follows: (1) Student discipline has a very strong relationship, namely 0.89 with the learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency; (2) The contribution or contribution of variable X (student discipline) to variable Y (class VIII student learning outcomes in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency) is 79.21% and the remaining 20.79% is determined by other variables in outside the research problem; (3) The results of the regression analysis illustrate that the regression equation between variable X (student discipline) and variable Y (student learning outcomes of class VIII on Civics at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency) is as follows: (Y) ̂ = a + bX = 11.86 + 1.10 X; (4) The results of the regression analysis between student discipline variables and student learning outcomes at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency obtained a value of Fcount of 102.2181, with a confidence level of α = 0.05 with dk numerator 1 and dk denominator 28, in order to obtain Ftable worth 4, 20. So F count> F table or F count = 102.2181> F table = 4.20. In accordance with the test criteria, if F count> F table then H0 is rejected, which means HA accepted; and (5) There is a significant relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency.

Keywords: Student Discipline, Learning outcomes Civic education


References


Anitah, W Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Bistak, Sirait. 2008. http://oreniffmilano,wordpress,com/2009/04/03/pengaruhdisiplin-belajarlingkungan-keluarga-sekolah-terhadap-prestasi-belajar-siswa.

Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran (SMA,SMK,dan SLB). Jakarta:Depdinas.

Depdiknas (2003) Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik.Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

http://pendidian-biolog.blogspot.co.id/2014/09/makalah-hasil-belajar-dan-materi-ajar.html.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembagan Suatu pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Diterjemakan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2008. Jakarta: Erlangga.

Ichaldutech. (2013). Pengertian Belajar. http://ichaledutech.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-belajarpengertian.html?m=0

Khalsa, Siri Nam S. (2007). Pengajaran Disiplin dan Hargaa diri: Strategi, Anekdot, dan Pelajaran Efektif untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: Indeks.

Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. (2014).

Discipline as a factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Education and social Research. (Online). Vol.4 No.1. Tersedia: http://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/1847Diunduh 9 januari 2015

Parker, Deborah K.(2005). Menumbuhkan kemandirian dan Harga Diri Anak. Diterjemahkan oleh Bambang Wibisono. 2006. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Riduwan, (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riduwan dan H Sunarto, (2011). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Lengkap dengan Aplikasi SPSS 14. Alfabeta. Bandung.

Rifa‟i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis komputer mengembangkan Prefesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Shochib, Moh. (2010). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. (Cet.XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakaya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R & D. Bandung: Alfabeta.

-------------, (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kompentensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tu”u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Wandi, (2007). Pengertian belajar Menurut Ahli. (Online). http://www.whandi.net/2007/05/16/pengertian-belajar-menurut-ahli. Diakses 2 oktober 2016.

Zuriah, Nurul. (2007). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

----------------, (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi

Aksara.


Full Text: PDF PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 309 times
PDF Download : 27 times PDF (Bahasa Indonesia) Download : 54 times

DOI: 10.36412/ce.v4i2.2374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.