Hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna

(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado

Abstract
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: “bagaimana hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna”? Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kedisiplinan siswa memiliki hubungan yang sangat kuat yakni sebesar 0,89 dengan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna; (2) Sumbangan atau kontribusi variabel X (kedisiplinan siswa) terhadap variabel Y (hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna) adalah sebesar 79,21% dan sisanya 20,79% ditentukan oleh variabel lain di luar masalah penelitian; (3) Hasil analisis regresi menggambarkan bahwa persamaan regresi antara variabel X (kedisiplinan siswa) dan variabel Y (hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna) sebagai berikut: = a + bX = 11,86 + 1,10 X; (4) Hasil analisis regresi antara variabel kedisiplinan siswa dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna diperoleh nilai Fhitung sebesar 102,2181, dengan taraf kepercayaan α = 0.05 dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut 28, sehingga diperoleh Ftabel senilai 4,20. Jadi F hitung > F tabel atau F hitung = 102,2181 > F tabel = 4,20. Sesuai dengan kriteria pengujian jika F hitung > F tabel maka H0 ditolak yang berarti terima HA; dan (5) Terdapat hubungan yang signifikan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 1 Kabangka Kabupaten Muna.
Kata kunci: Kedisiplinan Siswa, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
The relationship between student discipline and student learning outcomes in class VIII in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency. The problem in this study is formulated as follows: "how is the relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency"? The purpose of this study was "to determine the relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency". The research method used is quantitative research methods with regression analysis techniques. The conclusions of the research results are as follows: (1) Student discipline has a very strong relationship, namely 0.89 with the learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency; (2) The contribution or contribution of variable X (student discipline) to variable Y (class VIII student learning outcomes in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency) is 79.21% and the remaining 20.79% is determined by other variables in outside the research problem; (3) The results of the regression analysis illustrate that the regression equation between variable X (student discipline) and variable Y (student learning outcomes of class VIII on Civics at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency) is as follows: (Y) ̂ = a + bX = 11.86 + 1.10 X; (4) The results of the regression analysis between student discipline variables and student learning outcomes at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency obtained a value of Fcount of 102.2181, with a confidence level of α = 0.05 with dk numerator 1 and dk denominator 28, in order to obtain Ftable worth 4, 20. So F count> F table or F count = 102.2181> F table = 4.20. In accordance with the test criteria, if F count> F table then H0 is rejected, which means HA accepted; and (5) There is a significant relationship between student discipline and learning outcomes of class VIII students in Civics subjects at SMP Negeri 1 Kabangka Muna Regency.
Keywords: Student Discipline, Learning outcomes Civic education
References
Anitah, W Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. (1993). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2010. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Bistak, Sirait. 2008. http://oreniffmilano,wordpress,com/2009/04/03/pengaruhdisiplin-belajarlingkungan-keluarga-sekolah-terhadap-prestasi-belajar-siswa.
Depdiknas. (2006). Bunga Rampai Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran (SMA,SMK,dan SLB). Jakarta:Depdinas.
Depdiknas (2003) Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Hamalik.Oemar. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
http://pendidian-biolog.blogspot.co.id/2014/09/makalah-hasil-belajar-dan-materi-ajar.html.
Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembagan Suatu pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Edisi 5). Diterjemakan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo. 2008. Jakarta: Erlangga.
Ichaldutech. (2013). Pengertian Belajar. http://ichaledutech.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-belajarpengertian.html?m=0
Khalsa, Siri Nam S. (2007). Pengajaran Disiplin dan Hargaa diri: Strategi, Anekdot, dan Pelajaran Efektif untuk Keberhasilan Manajemen Kelas. Jakarta: Indeks.
Koesoema, Doni. 2011. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Njoroge, Philomena Mukami and Ann Nduku Nyabuto. (2014).
Discipline as a factor in Academic Performance in Kenya. Journal of Education and social Research. (Online). Vol.4 No.1. Tersedia: http://www.mcser.org/journal/index.php/jesr/article/view/1847Diunduh 9 januari 2015
Parker, Deborah K.(2005). Menumbuhkan kemandirian dan Harga Diri Anak. Diterjemahkan oleh Bambang Wibisono. 2006. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Riduwan, (2011). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Riduwan dan H Sunarto, (2011). Pengantar Statistika Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Lengkap dengan Aplikasi SPSS 14. Alfabeta. Bandung.
Rifa‟i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis komputer mengembangkan Prefesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Shochib, Moh. (2010). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. (Cet.XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakaya.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi Metode R & D. Bandung: Alfabeta.
-------------, (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kompentensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tu”u, Tulus. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Wandi, (2007). Pengertian belajar Menurut Ahli. (Online). http://www.whandi.net/2007/05/16/pengertian-belajar-menurut-ahli. Diakses 2 oktober 2016.
Zuriah, Nurul. (2007). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
----------------, (2011). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Article Metrics
Abstract View


DOI: 10.36412/ce.v4i2.2374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.