Internalisasi nilai melalui pendidikan informal dalam prospek perubahan sosial

Julien Biringan(1),


(1) 
Corresponding Author

Abstract


Terjadinya perubahan sosial adalah apabila individu mengubah tata cara hidupnya menyangkut pola pikir dan pola tingkahlaku di lingkungan dimana individu itu berada implisit di dalamnya lingkungan keluarga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan mengkaji literature-literatur yang relevan dengan topik yang dibahasa. Kajian ini menemukan bahwa keluarga merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan individu sekaligus merupakan sarana untuk pemenuhan kebutuhan sosialnya. Terpenuhinya kebutuhan tersebut dapat diwujudkan melalui upaya pendidikan informal dengan indikator seperti mengarahkan individu yang memiliki kepribadian yang komprehensif yang akhirnya dapat merupakan konsekuensi dari perubahan sosial.

Kata kunci: Perubahan Sosial, Pendidikan informal, Upaya, Internalisasi, Nilai

 

Internalization of values through informal education in prospects for social change. The occurrence of sosial change is when individuals change their way of life regarding their thought patterns and behavior patterns in the environment where the individual is implicit in the family environment. This research is a type of literature research by examining relevant literature on the topic being discussed. This study found that the family is one of the faktors that can influence individual development as well as a means to fulfill their sosial needs. Fulfillment of these needs can be realized through informal education efforts with indicators such as directing individuals who have a comprehensive personality which in turn can be a consequence of sosial change.

Keywords: Sosial transformation, Informal education, Effort, Internalisation, Value


References


Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1980). The empirical exploration of intrinsic motivational processes. Advances in Experimental Social Psychology, 13, 39–80. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0065-2601(08)60130-6

H Djaali, D. (2007). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara. Indonesia, T. R. K. B. B. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. PT. Gramedia Pustaka

Utama.

Kalidjernih, F. K. (2010). Kamus studi kewarganegaraan: perspektif sosiologikal dan politikal. Widya Aksara Press.

Kartono, K. (1996). Pendidikan politik: sebagian dari pendidikan orang dewasa. Mandar Maju.

Kartono, K. (2003). Patologi Sosial. Raja Grafindo Persada. Koentjaraningrat. (1983). Metode-metode penelitian masyarakat. Gramedia.

Lauer, R. H. (1993). Perspektif tentang perubahan sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan pendidikan nilai. Alfabeta.

Natawidjaja, R. S. (2005). Modern market growth and the changing map of the retail food sector in Indonesia. Presented at Pacific Food System Outlook (PFSO) 9th Annual Forecasters Meeting. May, 10, 13.

Simanjuntak, B. (1980). Perubahan sosio-kultural. Tarsito.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi suatu pengantar. Raja Grafindo Persada.

Sujatmiko, E. (2014). Kamus IPS, Cet. I. Surakarta: Aksara Sinergi Media.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 728 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 280 times

DOI: 10.36412/ce.v4i2.2371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.