Perilaku sosial budaya masyarakat dan implikasinya pada nilai-nilai kewarganegaraan

Oktavianus Wayan Semuel(1), Machiko Nugraha Indriyanto(2), Ambrosius Markus Loho(3),


(1) 
(2) Universitas Katolik De La Salle Manado
(3) Universitas Katolik De La Salle Manado
Corresponding Author

Abstract


Pariwisata adalah sektor unggulan yang saat ini mengalami perkembangan pesat. Pariwisata adalah penting sehingga harus ditunjang oleh berbagai hal. Maka karena hal itu penting, kita perlu mengembangkan serta mendayagunakan sumber dan potensi kepariwisataan di daerah setempat. Locus penelitian ini adalah masyarakat pesisir Tanjung Amurang, maka peningkatan kapasitas sumber daya masyarakat di tempat inilah yang akan menjadi objek penelitian ini. Dan hal penting terkait ini adalah civic skills. Civic skills yang meliputi keterampilan intelektual (intellectual skills) dan keterampilan berpartisipasi (participatory skills) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, perlu ditingkatkan, karena belum maksimal. Adapun metode yang akan digunakan untuk mengurai hal itu adalah metode deskriptif-kualitatif, yang mana didalamnya akan digambarkan dan diinterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya keadaan di lapangan. Hasil dari penelitian ini akan menjadi sebuah pertimbangan penting dalam hal perilaku masyarakat, terutama untuk menunjang pariwisata Tanjung Amurang. Termasuk memberi rekomendasi dalam peningkatan upaya untuk peningkatan civics skills masyarakat.

Kata kunci: Pariwisata, Sosial, Budaya, Civics, Keterampilan

Socio-cultural behavior of society and its implications for civic values. Tourism is a leading sector which is currently experiencing rapid development. Indonesia as a cultural superpower pays important attention to this sector. Tourism is an industry that causes rapid economic growth which certainly has an important role for Indonesia. Therefore, the tourism sector gets special attention by developing and utilizing the resources and potential of national tourism. On the other hand, civic skills are important because they are related to efforts to empower a country. As we know, civic skills include intellectual skills and participatory skills in the life of the nation and state. Intellectual skills are skills in responding to various problems of reality, including skills in terms of participation through polite behavior in social and cultural life. The coast of Tanjung Amurang as a research locus, also needs to be supported by the socio-cultural behavior of the local community. This research will describe the implications of citizenship values for the development of Tanjung Amurang tourism. The value of civics skills is one that will be an important point.

Keywords: Tourism, Social, Culture, Civics, Skills

 


References


Andreas, & Savitri, E. (2016). Peranan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir dan Modal Sosial. NN.

Badan Pusat Statistik Minahasa Selatan. (2019). No Title. BPS Kab. Minahasa.

Isdarmanto, I. (2017). Dasar-Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Wisata. Gebang Media Aksara.

Nainggolan, N., & Pandiangan, D. (2019). Pemberdayaan Kaum Bapa Masyarakat Pesisir Amurang Lopana Satu Untuk Mengembangkan Wisata Pantai dengan Pendekatan Holistik. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(2).

Oktaviyanti, S. S. (2013). Dampak sosial budaya interaksi wisatawan dengan masyarakat lokal di Kawasan Sosrowijayan. Jurnal Nasional Pariwisata, 5(3), 201–208.

Putra, I. B. W. (2016). Pariwisata Berwawasan Kebangsaan: Suatu Analisis Berdasarkan Teori Hukum Dengan Orientasi Kebijakan. Konggres Pancasila VIII Balai Senat Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

Suwena, & Widiatmaja. (2017). Pengantar Ilmu Pariwisata. Pustaka Larasan.

Umanailo, M. C. B. (2016). Ilmu sosial budaya dasar. FAM Publishing.

http://minselkab.go.id/3.8091.11/pages/kabupaten-minahasa-selatan.

http://minselkab.go.id/3.8091.11/pages/kabupaten-minahasa-selatan.


Full Text: PDF (Bahasa Indonesia)

Article Metrics

Abstract View : 1214 times
PDF (Bahasa Indonesia) Download : 337 times

DOI: 10.36412/ce.v4i2.2370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.