Penerapan model Project Citizen untuk peningkatkan pengetahuan dan sikap anti korupsi mahasiswa

M. Anwar Rube’i(1), Rohani . .(2),


(1) IKIP PGRI Pontianak
(2) IKIP PGRI Pontianak
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model project citizen dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anti korupsi mahasiswa mahasiswa program studi pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester IV program Studi PPKn IKIPPGRI Pontianak dengan jumlah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran project citizen dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap antikorupsi mahasiswa Prodi PPKn IKIP-PGRI Pontianak. Peningkatan pengetahuan dan sikap antikorupsi mahasiswa tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias mahasiswa ketika melakukan diskusi, kerja kelompok, menemukan masalah, mengumpulkan informasi, membuat t

References


Atmasasmita, R. (2004). Sekitar Masalah Korupsi. Aspek Nasional dan Internasional. Bandung: Mandar Maju.

Budimansyah, D. (2009). Inovasi pembelajaran Project Citizen. Program Studi Pendidikan Kewaraganegaraan UPI.

Burns, A. (2010). Doing Action Research In English Language Teaching A Guide For Practitioners.Australia:Departemen Of Linguistich, Macquarie University.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2011). Master Buku Pendidikan Anti Korupsi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.

Faridli, E. M. (2011). Pengaruh Model Project Citizen dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Anti Korupsi Siswa SMA Pada Konsep Sistem Hukum dan Peradilan Nasional. Jurnal Ilmiah Kependidikan: Khasanah Pendidikan: Volume III No. 2.

Falasifatul Falah. (2012). Perilaku Korup Di Mata Mahasiswa. Prosiding. Seminar Nasional Psikologi Islami. Di Unduh dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/1763/C3.%20FalahUNISULA%20(fixed).pdf?sequence=1

Gregory,S.C.H. (2013).“The Importance Of action Research In teacher Education Program”. Journal Issues In Educational Research. (online) tersedia. www.iier.org.au. (31 Maret2016).

Harmanto. (2012). Pengintegrasian Pendidikan Antikorupsi dalam Pembelajaran PKn Sebagai Penguat Karakter Bangsa. Disertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Isman, A. (2011). Instructional Design in Education: New Model. Turkish. Online Journal of Educational Technology - TOJET, 10(1), 136–142.

KPK. (2008). Buku Panduan Memberantas Korupsi. Jakarta: KPK.

Novalita, R. (2014). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Lentera, vol. 14, No.2 Maret 2014. http://jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR1/article/download/201/124

Rabl, T. (2011). The Impact of Situational Influences on Corruption in Organizations. Journal of Business Ethics, 100, 85–101.

Supriatna, Y. (2011). Pengaruh Pembelajaran PKn Melalui Project Citizen Terhadap pengembangan Nilai-Nilai Antikorupsi (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII SMP Negeri 3 Majalengka). Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Bandung: Bumi Aksara


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 768 times
PDF Download : 144 times

DOI: 10.36412/ce.v4i1.1876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan