Upaya guru PKn dalam membentuk karakter religius siswa SMA Negeri 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Andri Tiba(1), Theodorus Pangalila(2), Mardan Umar(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru PKn dalam pembentukan karakter religius siswa SMA N 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kotabunan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Penelitian ini ditujukan kepada Guru PKn dan siswa SMA N 1 Kotabunan. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari guru PKn yang melihat dan menangani masalah pembentukan karakter religius siswa SMA N 1 Kotabunan. Di samping data primer dikumpulkan data sekunder segala sumber informasi yang dapat menunjang data primer. Data sekunder masih bersifat umum dan masih berhubungan dengan fenomena yang diteliti. Data sekunder antara lain tentang data sekolah, keadaan sekolah, jumlah guru dan pegawai/karyawan, sarana dan prasarana di sekolah. Data ini melalui wakil kepala sekolah dan sumber data yang ada di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal yaitu: (1). Guru PKn sudah mengupayakan proses pembentukkan karakter religius siswa tapi belum maksimal. (2). Guru PKn mengalami kendala dalam pelaksanaan pembentukan karakter religius pada siswa. (3). Guru PKn belum mampu membentuk karakter religius siswa sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Penelitian ini merekomendasi penelitian lanjut tentang nilai-nilai religious yang mempengaruhi perkembangan siswa..

References


Lestari, P. N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.

Merpati, T., Lonto, A. L., & Biringan, J. (2018). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMP Katolik Santa Rosa Siau Timur Kabupaten Sitaro. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.36412/ce.v2i2.772

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pangalila, T. (2017). Peningkatan civic disposition siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Unlam, 7(1), 91–103.

Pangalila, Theodorus, Tuerah, J., & Umar, M. (2020). Character formation through civic education learning process. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2), 2335–2345. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I2/PR200529

Purwanto, N. (2014). Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Umar, M. (2016). Pembinaan kedamaian hidup beragama melalui Optimalisasi pendidikan agama. Jurnal Ilmiah Iqra, 10(1), 29–38. Retrieved from http://journal.iainmanado.ac.id/index.php/JII/article/view/588/491


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 222 times
PDF Download : 70 times

DOI: 10.36412/ce.v4i1.1875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan