Perkembangan pendapatan asli desa sebelum dan setelah adanya dana desa di Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara

Stenly F. Pangerapan(1),


(1) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis serta menemukan konsep Implementasi Kebijakan Dana Desa yang tepat di Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa pada umumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kecamatan Remboken (4 desa) Kabupaten Minahasa yaitu fokus pada 3 tahun sebelum dan 3 tahun setelah implementasi kebijakan dana desa. Untuk memperoleh data penelitian dimaksud peneliti menetapkan dan memilih sumber data yang berasal dari delapan orang yaitu terdiri dari 1 orang camat, 4 orang Hukum Tua (sebutan Kades di Minahasa), 1 orang dari Dinas Pemdes Kab. Minahasa dan 4 orang masyarakat di desa setempat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan yaitu bahwa perkembangan Pendapatan Asli Desa (PADes) sebelum dan setelah adanya Dana Desa (DD) melalui suatu analisis implementasi kebijakan dana desa di Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa tersebut yang sudah berjalan dalam empat tahun terakhir ini yaitu sejak 2016 sampai 2019 tidak berjalan dengan baik sektor capaian Pendapatan Asli Desa (PADes). Penelitan ini merekomendasikn penelitian lanjut tentang pengaruh kebijakan dana desa terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

References


Agustino, Leo. 2008. Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Bogdan, Robert, and Steven J Taylor. 1992. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Terjemahan Ali Furchon. Surabaya: Usaha Nasional.

Irfan, Islamy M. 2000. ‘Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara’. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarno, Budi. 2005. Teori Dan Proses Kebijakan Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 137 times
PDF Download : 55 times

DOI: 10.36412/ce.v4i1.1873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan