Pemahaman mahasiswa FIS Unima tentang nilai-nilai Pancasila

Theodorus Pangalila(1), Jan Rattu(2),


(1) Unima
(2) Unima
Corresponding Author

Abstract


Arus perubahan zaman turut membawa perubahan dalam segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Semua persoalan yang dihadapai bangsa Indonesia merupakan akibat dari ketidaksiapan berbadapan denganefek yang ditimbulkan oleh globalisasi. Pancasila yang di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur kebangsaan juga tidak lepas dari pengaruh nilai-nilai globalisasi. Tujuan penelitian untuk menggambarkan dan menganalisis tentang pemahaman mahasiswa FIS Unima tentang nilainilai Pancasila. Mendeskripsikan dan menganalisis aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kongkrit mahasiswa FIS Unima. Mahasiswa FIS Unima merupakan sumber data dalam penelitian ini. Penelitian ini meerupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui angket, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun penelitian ini menemukan bahwa: (1). Pemahaman mahasiswa FIS Unima berada dalam taraf baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban terhadap semua pertanyaan yang diajukan hampir semua menjawab setuju terhadap pertanyaan umum dan pertanyaan khusus tentang butir-butir yang ada dalam lima sila Pancasila. (2). Mahasiswa FIS Unima mengaktualisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila Pancasila dalam kehidupan kongkrit mereka setiap hari. Adapun penelitian ini merekomendasikan penelitian lanjut tentang upaya dalam memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan mahasiswa di Universitas Negeri Manado pada umumya

References


Amir, S. (2013). Pancasila as Integration Philosophy of Education And National Character. International Journal ofScientific and Technology Research, 2(1), 54–57. Retrieved from www.ijstr.org

DIKTI, D. P. (2013). Pendidikan Pancasila. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ikrima, G. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Universitas Mataram.

Kesbangpol-Kemendagri. (2013). Pedoman pemerintah daerah dalam revitalisasi dan aktualisasi nilai-bilai Pancasila.

Latief, A., Nadir, M., Pangalila, T., & Lonto, A. L. (2018). Revitalizing the Value of Pancasila in the Development of the Character of Indonesian Citizens. In 1st International Conference on Social Sciences (ICSS 2018) (Vol. 226, pp. 923– 926). Atlantis Press. Retrieved from https://www.atlantispress.com/proceedings/series/assehr

Latief, Y. (2011). Negara Paripurna: Historisitas, Rasionalisme, dan Aktualisasi Pancasila. Jakarta: Gramedia.

Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2019). The existence of Pancasila Values in the Disrupted Era. In 1st International Conference on Education, Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (Vol. 335, pp. 145–149). Atlantis Press. Retrieved from https://www.atlantispress.com

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Notonagoro. (1975). Pancasila secara ilmiah populer. Pancasila Secara Ilmiah Populer. Jakarta: Pantjuran

Pangalila, T., & Sendouw, R. H. E. (2019). PKM Pada Perangkat Kelurahan di Kelurahan Pangolombian. EDUPRENEUR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Kewirausahaan, 2(3), 15–20

Saifuddin, L. H. (2012). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Perspektif UUD 1945.Retrieved 20 February 2019, from http://lukmansaifuddin.com/index.php?option-revitalisasi-nilai-nilai-pancasila-dalamperspektif-uud-1945

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif: Tatalangkah dan Teknik-Teknik Teoritisasi Data. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sunoto. (2003). Mengenal filsafat Pancasila: Pendekatan melalui Metafisika, Logika, dan Etika. Yogyakarta: Hanindita Graha Widya.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 768 times
PDF Download : 203 times

DOI: 10.36412/ce.v3i2.1101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan