Perancangan e-Learning Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado

W R L Paat(1), S C Kumajas(2),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan ujung tombak dalam membentuk insan yang cerdas dan kompetitif sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetisi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pendidikan merupakan salah satu bidang yang sudah tersentuh oleh revolusi teknologi informasi dan komunikasi tersebut. e-Learning adalah salah satu revolusi di bidang pendidikan berbasis teknologi internet yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi pengembangan sistem pendidikan yang lebih efektif dan efisien dengan biaya yang lebih rendah di masa mendatang. Dalam keseharian proses belajar mengajar di Prodi PTIK FATEK UNIMA secara umum masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional, oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisa struktur dan konten e-Learning yang tepat dalam membangun aplikasi e-Learning pada Prodi PTIK FATEK UNIMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan, metode penelitian dan pengembangan serta metode pembangunan perangkat lunak dengan mengintegrasikan fungsi-fungsi dalam proses belajar mengajar seperti sarana informasi yang up to date, pengunduhan materi, pengumpulan tugas, ujian online maupun forum baik itu forum umum ataupun forum kelas. Dalam penelitian ini, peneliti mengumpulkan data kualitatif yang berupa kata-kata dalam bentuk deskripsi dan bukan angkaangka. Data yang dikumpulkan dalam peneltian ini adalah data-data yang berkaitan dengan Sistem e-Learning di Prodi PTIK FATEK UNIMA, perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya manusia yang menjadi pendukung sistem tersebut. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan cara berulang-ulang dan berkesinambungan antara pengumpulan dan analisis data, baik selama pengumpulan data di lapangan maupun sesudah data terkumpul. Prosedur pengumpulan data dibagi menjadi 4 (empat) tipe dasar, yaitu (1) observation, (2) interviews, (3) documentation, (4) audio and visual. Dalam pengumpulan data harus melalui beberapa bagian yang sangat penting yang disebut dengan teknik penelitian, yaitu (1) mengetahui sumber dan jenis data, (2) manusia sebagai instrumen (3) pengamatan berperanserta, (4) wawancara, (5) catatan lapangan, dan (6) penggunaan dokumen.

Kata kunci: e-Learning, Prodi PTIK FATEK UNIMA, analisa struktur, analisa konten.


References


Anggraini, F. (2009). Learning management System ( LMS ) Untuk User Pada Lingkungan perguruan Tinggi studi kasus UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta.

Bacalu, F. (2012). e-Learning – “the Ultimate Educational Tool”, Bucharest.

Bogdan, R., & Biklen, S. K.( 1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston.

Creswell, J. W. (2003). Research design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches, California.

Elango, R., et.al (2009). Quality of e-Learning: An Analysis Based on e-Learners.

Fachri. (2006). e-Learning, Konsep dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Henri, S. (2013). Aplikasi e-Learning Pada Jurusan Teknik Elektro Universitas Diponegoro Berbasis PHP dan MySQL, Semarang.

Middleton, D. (2009). Putting the-Learning into e-Learning, Cardiff.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi penelitian kualitatif, Bandung.

Paat, W. R. L. (2016). Analisis e-Learning Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado, Manado.

Patton, M. Q. (1977). Qualitatif Evalution Methods, California.

Sinangnjaya. P. (2009). Aplikasi Penugasan Kuliah Berbasis Web, Yogyakarta.

Suban, A. L. (2014). e-Learning Universitas Nusa NIPA Maumere dengan Konten Multimedia Berbasis Moodle, Yogyakarta.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R and D, Bandung.

Vidya Y. R. (2009). Desain Dan Implementasi Administrator Learning Management System (LMS) Studi Kasus : UPN "Veteran" Yogyakarta, Yogyakarta.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 603 times
PDF Download : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.