Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Ekosistem Berbasis Mobile

A Mewengkang(1), I R H Tangkawarow(2), H Kasehung(3),


(1) Universitas Negeri Manado
(2) Universitas Negeri Manado
(3) 
Corresponding Author

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang Game edukasi pengenalan ekosistem pada mata pelajaran IPA SMP berbasis mobile yang nantinya akan dipakai dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Multimedia Development Life Cycle yang memiliki enam tahapan, yaitu Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing dan Distribution. Setelah melakukan uji coba maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa game edukasi pengenalan ekosisten telah layak untuk digunakan pada proses pembelajaran dan telah sesuai dengan konsep perancangan produk, dan dari hasil pengujian yang telah dilakukan aplikasi telah berjalan dengan baik berdasarkan tujuan pengembangan dan tidak terdapat kesalahan yang terjadi saat pengoperasian aplikasi.

Kata kunci: game edukasi, pengenalan ekosistem


References


Anonim. (2012). World Health Statistic. WHO Library Cataloguing in Publication Data.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmuwah Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar . jakarta: Depdiknas.

Dewi. (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sd Berbasis Macromedia Flash. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Halim., M. (2013). Pembuatan Game “The Last Mission” Dengan Menggunakan Fps Creator. Yogyakarta:: Amikom Yogyakarta.

Indriyanto. (2006). Ekologi Hutan. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Jasson. (2009). Role Playing Game (RPG) Maker, Ari Pidekso,. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Komputer Wahana. (2014). Mudah Membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3d-By Wahana Komputer. Yogyakarta:: Andi.

Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Purwoko, A. (2012). Pengelolaan Ekosistem dan Lingkungan. Medan.: Universitas Sumatera Utara. Medan.

Samsul, A. H. (2016). Game Edukasi Cepat Tepat Dengan Metode Finite State Machine (Fsm) Pada Smartphone. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sutopo, A. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. . Yokyakarta: : Graha Ilmu.

Wahono, S. (2012, Januari 08). Aspek dan Kriteria Penelitian Media Pembelajaran. Retrieved from http//romisatriawahono.net/

Widodo, P. P. (2011). Menggunakan UML. Bandung.: Penerbit Informatika.

Wifda, A. R. (2015). Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta.

Zulfadli Fahrul Rozi. (2010). Menggunakan UML. Bandung: Informatika.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 716 times
PDF Download : 182 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.