Analisis Pengembangan Produk Turunan Kelapa Di Provinsi Gorontalo

S I S Dai(1), M A Asnawi(2),


(1) Universitas Negeri Gorontalo
(2) Universitas Negeri Gorontalo
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan produk turunan kelapa di Provinsi Gorontalo. Target spesifik yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan daftar produk turunan kelapa potensial yang akan dikembangkan di Provinsi Gorontalo. Lokasi penelitian ini di semua kabupaten / kota di Provinsi Gorontalo khususnya di sentra produksi kelapa. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian eksploratori yang diawali dengan pencarian potensi produk turunan kelapa. Analisis yang akan digunakan untuk penelitian ini adalah analisis AHP (Analytical Hierarchy Process) dan analisis ECM (Exponential Comparison Matrix). Hasil analisis Dari beberapa alternatif produk turunan kelapa yang telah dikembangkan di masyarakat, produk minyak goreng merupakan produk turunan kelapa yang paling potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Produk minyak goreng memiliki keuntungan dalam hal permintaan pasar yang sangat tinggi, proses produksi yang kurang kompleks dan teknologi produksi yang cukup sederhana. Selain itu, produk minyak goreng juga telah banyak dikembangkan oleh masyarakat secara tradisional.

Kata kunci: Proses Hirarki Analitik, Matriks Perbandingan Eksponensial, Produk Berasal dari Kelapa.


References


Abner Lay, Patrik M. (2010). Strategi dan Implementasi Pengembangan Produk Kelapa Masa Depan. Manado : Balai Penelitian Tanaman Kelapa dan Palma Lain.

Andri, K.B. (2009). Pengantar Pemahaman SCM dan VCA Komoditas Pertanian. Bahan Lokakarya Value Chain Analysis (Analisis Rantai Nilai) Tanggal 5 – 7 Juni 2009 di Mataram, NTB. Badan Litbang Pertanian.

Badan Koordinasi Penanaman Modal. (2009). Profil Potensi Investasi Provinsi Gorontalo. Jakarta

Bank Indonesia. (2004). Pola Pembiayaan Usaha Kecil Industri Minyak Kelapa. Jakarta : Direktorat Kredit, BPR dan UMKM Bank Indonesia

David Allorerung, dkk. (2008). Peluang Kelapa untuk Pengembangan Produk Kesehatan. Jurnal Pengembangan Inovasi Pertanian. 1(4), 2008 : 298-315

Departemen Perindustrian. (2009). Roadmap Industri Pengolahan Kelapa. Jakarta: Direktorat Jenderal Industri Agro dan Kimia Departemen Perindustrian.

Miftahorrahman. (2008). Evaluasi keragaman plasma nutfah kelapa Dalam di Gorontalo. Buletin Palma. 34: 42- 41.

Palungkun, R. (1998). Aneka Produk Olahan Kelapa. Jakarta :Penebar Swadaya.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan. (2005). Varietas Unggul Tanaman Perkebunan. Bogor : Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1096 times
PDF Download : 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.