Pengaruh Variasi Tinggi Lift, Lobe Separation Angle Camshaft, dan Roller Rocker Arm Terhadap Unjuk Kerja Motor Bensin Empat Langkah

H K Muhajir(1), A A P Susastriawan(2), M H N Aziz(3), P T D Rompas(4),


(1) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
(2) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
(3) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
(4) Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


Salah satu cara untuk meningkatkan unjuk kerja motor bensin empat langkah adalah dengan memodifikasi camshaft. Memodifikasi camshaft bertujuan untuk mengatur waktu pembukaan katup (valve open), tinggi pembukaan katup (valve lift), dan mengatur jarak puncak pembukaan katup (lobe separation angle). Penambahan roller rocker arm juga dapat berpengaruh terhadap unjuk kerja mesin yang membuat camshaft berputar dengan gesekan yang lebih kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tinggi lift katup, lobe separation angle camshaft, dan roller rocker arm terhadap unjuk kerja motor bensin empat langkah. Dari hasil pengujian dynotest menunjukkan camshaft standar menghasilkan daya maksimal sebesar 13,6 HP dan torsi maksimal sebesar 13,7 N.m. camshaft modifikasi menghasilkan daya maksimal sebesar 13,8 HP dan torsi maksimal 11,59 N.m. camshaft modifikasi + roller rocker arm menghasilkan daya maksimal sebesar 14,6 HP dan torsi maksimal sebesar 12,75 N.m.Camshaft standar menghasilkan nilai sfc terendah sebesar 0,16141 kg/kW.jam. Camshaft modifikasi sebesar 0,20088 kg/kW.jam. Camshaft modifikasi + roller rocker arm sebesar 0,18098 kg/kW.jam.Pada pengujian emisi gas buang menunjukkan camshaft modifikasi + roller rocker arm menghasilkan kadar emisi yang paling ramah lingkungan.


Kata kunci: Camshaft, Lift, Lobe Separation Angle, Roller Rocker Arm, Valve



Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 415 times
PDF Download : 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.